[lagi] Modifikasi Cakram Belakang Vixion

Image Hosted by ImageShack.us

Pasti uda bosan kan dengan istilah “pengalaman adalah guru paling berharga”, setidaknya itu yang terjadi dengan saya. Pengalaman modifikasi cakram belakang dengan part antah-berantah hasilnya cuma bikin lelah, dan kantong bolong pastinya. Master rem jebol, selang keropos, kaliper macet, piringan bengkok… KOMPLIT!. Yeah, akhirnya nyadar footstep kanan sudah sama seperti milik Doohan, alias cuma hiasan. Suka tidak suka kondisi seperti ini hampir dua tahun saya jalani baik komuter maupun touring. Tidak safety? belum ngerasain sih:mrgreen: . Ada dua alasan kenapa saya tahan dengan kondisi seperti ini, yaitu:

  1. Bokek Image and video hosting by TinyPic
  2. Trauma, gimana kalau diperbaiki hasilnya begini lagi? Image and video hosting by TinyPic

Image Hosted by ImageShack.us

Akhirnya gerah juga dengan kondisi ini… Jangan pernah berfikir untuk “memperbaiki” karena yang menempel sekarang adalah perangkat rem busuk yang kalau diperbaiki juga tidak ada gunanya Image and video hosting by TinyPic. Lebih baik ganti baru dengan yang sudah terjamin. Image and video hosting by TinyPic Pecahlah celengan demi meminang :

  • Kaliper depan ori Jupiter MX
  • Piringan Cakram Shogun SP 220mm
  • Selang rem no-brand, buatan pabrik TDR (kata yg jual Image and video hosting by TinyPic )
  • Master Rem Kitaco
  • Minyak rem 1 botol

Selanjutnya part-part tersebut dibawa ke bengkel bubut, adalah mas Gondrong sang mekanik dari Blitar yang biasa merombak kaki-kaki trail😆 . Saya minta pokoknya :

  • Tension bar yang dipakai buat nahan braket lama dilengserkan Image and video hosting by TinyPic
  • Swing arm di-las buat nyantolin penahan braket Image and video hosting by TinyPic
  • Dibuatkan braket kaliper baru yang lebih besar buat nampung disk Shogun yang 220mm (sebelumnya pakai punya Satria FU 190mm) Image and video hosting by TinyPic
  • Dibuatkan braket master rem baru yang lebih presisi Image and video hosting by TinyPic

Image Hosted by ImageShack.us

Usai memberi input layaknya pidato VR ke Jeremy BurgessImage and video hosting by TinyPic, saatnya nego-nego harga sama si bos pemilik bengkel Image and video hosting by TinyPic, akhirnya disepakati biayanya sebesar 250rb dan motor menginap satu malam.

Image Hosted by ImageShack.us

Besoknya datang, tampak mas Gondrong lagi nyeting rem belakang Image and video hosting by TinyPic . Tidak perlu waktu lama buat melakukan setting pada duet kaliper ori Jupiter MX dengan master rem Kitaco, cuma lima menit. FYI: rem belakang yang lama nyeting.nya minimal makan waktu sejam
Image and video hosting by TinyPic.
Image Hosted by ImageShack.us

Akhirnya dilakukan pengetesan, Alhamdulillah kinerja rem sangat maksimal… ditekan keras ban bisa ngunci! ketika tekanan dilepas kuncian lepas dengan sempurna😆
Standar dua, piringan sama sekali tidak seret… ban berputar sempurna.

Image Hosted by ImageShack.us

Tapi ada satu yang terlupa, ternyata saya lupa minta braket kaliper dan braket master rem dicat supaya tidak berkarat Image and video hosting by TinyPic. Ya sudah, cat sendiri saja.
Pengalaman pahit terbayar sudah, hasilnya …

WAJAR TANPA PENGECUALIAN  Image and video hosting by TinyPic

About Emillio Armada Siregar

Seorang manusia yang sedang berusaha keras memulai kehidupan yang benar-benar baru...

Posted on July 12, 2012, in Modifikasi, Motor and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 26 Comments.

  1. keren, sungguh keren. Ini baru modif bermodal:mrgreen:

    btw cakram depan saya masih seret, soalnya baru beberapa lama dipakenya. Nanti kalo masih seret setelah agak lama dipake mau dibawa ke beres lagi:mrgreen:

    • eh modifan cakram ente lebih sadis om… ane aja merinding ngebayangin tenaga, waktu, dan biaya yang ente kerahkan buat modif itu cakram depan… yg ini aja ane ampe mimisan

      • jangankan ente, ane aja yang ngelakonin kepikiran terus setaunan ini kok:mrgreen:

        untungnya hepi ending, semuanya udah beres, tinggal nunggu inreyen cakram beres aja nih, pakem dan ngga seret lagi deh🙂

      • sering2 aja jalan sambil nahan rem, biar makin cepat penyesuaiannya:mrgreen:

        jadi, mau modif itu juga mesti dipikirin bagaimana, fungsi, resiko, kesabaran… dan dana tentunya. Baru deh tu modif bisa happy ending kayak kita2 gini Image and video hosting by TinyPic. kalo modifnya happy ending rasanya seperti punya motor baru, tapi kalo modifnya gagal rasanya pengen jual aja tuh motor ..

      • siap masbro:mrgreen:

        iya, semuanya perlu dipertimbangkan mateng2, pikirin motornya mau dipake kayak gimana, semuanya mesti dpikirin dalam jangka waktu panjang, biar hasilnya memuaskan. Hahahaha, iya sih bener, situ udah ngerasain ya pengen jual motor pas cakram belakangnya busuk?😆

        yg penting sekarang udah ciet, btw kenapa ngga ambil kaliper belakng ori Jupi MX bro?

  2. hahaha,. bener ane ngerasain pas ada problem ingin jual tu motor,. eh akirnya kejual beneran,. tapi gpp dapet yg baru😀

  3. bro klo cakramnya sendiri total abis berapa ?

  4. jossssssssssssss~~~~~ makin pakem neh, bisa lah ya two wheel drift😆

    • pernah ga sengaja nginjak tuas terlalu dalam pas kecepatan 80, ban ngunci… serem om, pantatnya geal geol ga karuan.. serasa mau nyemplung ke lubang di tanah wakaf:mrgreen:

  5. sama masbro punya ane seret juga tuw .
    btw itu braket cakram antara pelk sama piringan beli dimana bro

  6. gan, bengkelnya di batam kan? dimana alamat bengkelnya?
    tq b4

  7. ini modifnya, kacau jgan marah katanya dari saya kanapa kacau tidak rapi merusak

  8. gan mau nanya tuh pke adaptor tromol ga gan

  9. gan katanya ada cakram vixi yang harganya 300 an rb itu kualitasnya gmana gan wkwk…

  10. ane bl0m berani om… vixi ane masih tromol… lihat punya 2 kawan ane, mengeluh terus tentang cakram belakangnya yang gagal total modifnya…. ane di daerah karawang…
    biaya selangit tapi hasil nihil….
    kalo lihat hasil punya om, ngeri ane,,,, ga kebayang biayanya….
    thank you om ilmu dan pengalamannya…

  11. tips pake cakram kw biar awet dan pakem, berdasarkan pengalaman sendiri.. beli paketan rdb satria KW.. seharga 210rb..
    – piringan kw jgn dipake… lsg cari aja dilapak barang bekas.. ane dapet piringan second ori seharga 40rb masih tebel.
    – ganti seal master dengan orisinil punya satria, ga usah tunggu jebol yg kw.. lsg ganti ori aja… ane beli dibengkel2 biasa dpt diharga 60rb, kalo beli disuzuki ga tau brp
    – dudukan master dibuat sendiri… buat mal dulu pake kertas, trus dibawa ke bengkel las buat bikin plat dudukan master dan bolongon pelek utk dudukan adaptor, dudukan pegangan kaliper dibuat tahanan tanpa bor dan las, gedein lobang as di dudukan kaliper.. ongkos 35rb, oiya.. dlm membuat cetakan kertas utk dudukan master.. pastikan tuas pendorong master berada pd sudut 90 derajat dengan master rem.
    – capek2nya pake nasi padang sm es kelapa muda… cape lsg ilang.. 15rb
    -semua instalasi 4 jam kelar…😀 dikerjain sendiri… cape2 sendiri😀

    Total biaya: 210+40+60+35+15 = total 360rb
    puas dan hati senang dan awet

    thanks..
    semoga bermanfaat

  12. mas bro itu ngelas ke arm, arm nya dilepas gak?? kalo gak dilepas apa gak bahaya ke ecu?

  13. sambil Nyimak Numpang Promosi Gan Kaliper Kitaco Terima kasih.

  14. Bos, ane juga crita yang sama. Sudah 7 tahun sesudah modif baru sekarang bisa yahut. Semua ane tulis di sini http://bel-ant.blogspot.com

  15. Agan pasang rdbnya di medan yaa? Alamat bengkelnya dimana yaa???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: