NSU Bison 2000, The Ultra Single

Image Hosted by ImageShack.us

Di tanah air kita mengenal Yamaha Byson a.k.a FZ16 yang bertampang muscle, dan motor dengan masalah inden yang sangat lama. Yah, apa boleh buat… tampang keren, dan harga bersahabat menjadikan tak sedikit orang yang ingin melamar si kebo untuk dikandangi, tentunya dengan mengesampingkan sisi perfroma. “Loh kenapa malah curcol?:mrgreen:

Image Hosted by ImageShack.us


Postingan kali ini tidak ada hubungannya dengan Yamaha Byson, hanya memiliki kemiripan dalam hal nama. Yang satu bertuliskan “Byson”, dan yang satu lagi “Bison”. Pelafalannya sama saja🙄 … BISON.. yang satu dari Indihe, dan yang satu lagi dari Jerman😈

Nah apa yang unik dari motor tua dan terlihat kusam ini??? Perhatikan blok mesinnya, 2000cc 1 Silinder😯 .
Dibangun oleh Franz Langer untuk mewujudkan cita-citanya membuat motor bermesin satu silinder dengan kapasitas ter besar di dunia. “aku lebih baik mati daripada menggunakan dua silinder” ujar Fritz.

Image Hosted by ImageShack.us

Awalnya menggunakan piston copotan dari pesawat radial, namun hal terebut menjadi kendala dalam membangun mesin ini. Maka Fritz menemukan piston Mahle berdiameter 161mm dengan berat 1670gram. Pekerjaan selanjutnya adalah menentukan stroke sepanjang 118mm agar kapasitas mesin yang diipikan dapat terwujud😆 , 2 Liter. Tentunya stroke sepanjang itu menghadirkan tantangan baru bagi Franz agar serasi bekerja bersama crank shaft. Karena itu crank shaft dan connecting rod terbuat dari baja khusus dan padat😈 . Pengabutan bahan bakar menggunakan karburator berlabel Bing-Vergaser berdiameter 36mm… kok ga PE28 aja ya?🙄:mrgreen: .

Image Hosted by ImageShack.us

Sistem buka tutup katupalias klep tidak dijelaskan, namun karena mengambil basis mesin tahun 50an (NSU 500), maka sepertinya masih mengandalkan OHV.🙄 . Tapi kalau melihat lebar head.nya sepertinya ada kemungkinan ini DOHC CMIIW😉. Terakhir adalah lubang pembuangan sisa pembakaran yang menggunakan bahan stainless steel dengan lebar diameter 75mm menjadikan suara kerbau ini lebih mirip suara traktor ketimbang suara motor😯 .

Image Hosted by ImageShack.us

Pendinginan mesin motor ini hanya mengandalkan kisi-kisi udara yang super lebar di blok dan head.nya, padahal mesin berkapasitas besar dan langkah sepanjang ini pasti memiliki suhu yang sangat panas. Motor 4 silinder saja, bisa overhead kalau radiatornya bermasalah🙄 .

Image Hosted by ImageShack.us

Tanaga yang besar tidak diimbangi kaki-kaki yang mumpuni, lihat saja suspensi depannya springer dan kaki belakang tanpa suspensi alias rigid.🙄

Image Hosted by ImageShack.us

Hanya dilengakapi kick starter, “you can kick start it, but that would probably only apply to Arnold Schwarzenegger on steroids. His recommendation is to push start the bike.”:mrgreen:

Semua usaha Franz Langer tadi diganjar dengan World Biggest Single Cylinder Motorcycle dari Guiness Book of Record pada tahun 1998.

Image Hosted by ImageShack.us

Semoga berguna

Wassalam🙂

About Emillio Armada Siregar

Seorang manusia yang sedang berusaha keras memulai kehidupan yang benar-benar baru...

Posted on September 7, 2011, in Modifikasi, Motor and tagged , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. FAT & HARD AS MOTHERFUCKER

    Nyalainnya lucu…pake sespan dulu, sayang…suaranya gak terlalu sangar & kayaknya berat, mungkin karena teknologi jadul kali ya?

  2. ahaha….jadi inget sama CBR250

    masih bilang mesin 1 silinder inferior?🙄

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: