Satria GT-i the Fastest Proton

Image Hosted by ImageShack.us

Ssst… jika anda termasuk seorang anti-malaysia, lupakan dulu sentimen anda terhadap negara tetangga kita itu, karena yang akan LionstarFactory bahas kali ini adalah seekor hatchback produk mereka :mrgreen:. Siapa dia?

Image Hosted by ImageShack.us

Image Hosted by ImageShack.us

Perkenalkan Proton Satria GTi!!. Hot Hatch yang bodinya berbasis dari Mitsubishi Colt hatchback a.k.a Mirage Hatchback ini sempat berhasil membuat frustasi beberapa rekan LionstarFactory pengguna Honda CR-X hingga Skyline GT (RB25DE). Pasalnya tunggangan mereka yang diyakini lebih mumpuni dari Satria ini malah empot-empotan menghadapi performa dan kelincahannya di jalan dalam kota maupun drag liar :shock:.

Image Hosted by ImageShack.us

Seperti biasa, kita mulai dari eksterior dulu… bentuk body mobil ini sebenarnya mengambil basis dari Mitsubishi Colt Hatchback atau di beberapa tempat juga disebut Mirage Hatchback, hanya saja pada Satria GTi Proton bekerja sama dengan Lotus membekali bumper yang lebih sporty, side skirt, over fender, dan roof spoiler. Semakin lengkap dengan penambahan alloy-wheel berdiameter 16”. Kesan mobil penggaruk aspalpun semakin kentara dengan pemakaian dual-tip muffler. Sangat sporty, walau masih banyak individu yang berpendapat masih kalah eksotis dengan Estilo. Oh ya, Proton satria juga memiliki varian Non-Gti dengan tampilan minus perlengkapan aero-kit diatas. dan salah satunya menggunakan mesin 4G92 berkubikasi 1.600cc serupa dengan kepunyaan Colt, Mirage, dan Lancer.

Image Hosted by ImageShack.us

Tidak terlalu banyak yang bisa diceritakan dari interior mobil ini kecuali speasang bucket seat Recaro :twisted:, karena memang fokus pembahasan saya bukan pada interior (halah bilang aja malas nulis πŸ˜† ). Gampangnya, bayangkan saja interior Lancer generasi Evo III karena Satria, Colt, Lancer. dan Mirage memiliki platform yang hampir sama. Fitur-fiturnya sendiri standar seperti mobil-mobil pada jamannya sperti CD Player(6 slot), Central Lock, Dual-Air bag, dll.

Image Hosted by ImageShack.us

Lanjut pada sektor persenjataan, apa yang tersimpan dibalik bonnet…?
Lagi-lagi ini tidak lepas dari andil Mitsu, sebongkah mesin 4G93p berkubikasi 1.834cc dengan sistem buka tutup klep DOHC menghasilkan tenaga 148bhp@6500RPM dan torque 175Nm@5000RPM(klaim pabrikan). Sebenarnya ini merupakan mesin yang sama dengan Lancer GSR(4G93T), namun minus turbo, dan Proton mengkompensasi turbo yang hilang tersebut dengan menambahkan rasio kompresi menjadi 10,5:1. Ujung-ujungnya lebih mirip dengan Lancer Gti(namanya juga mirip) :mrgreen: . Tidak seperti mesin 4G92(lancer GLXi, n others) yang berkonfigurasi over-bore(81x77mm), 4G93 merupakan over-stroke dimana bore X strokenya 81mm X 89mm.

Image Hosted by ImageShack.us

Melihat stroke yang lebih panjang, maka Satria GTi lebih berkarakter mengejar kkselerasi dibanding dengan rival seperti Civic SiR. IMHO, perbedaan antara 4G93 dan 4G92 hanya pada panjang stroke. Perbedaan buka-tutup klep, 4G92 juga memiliki varian DOHC yang terdapat pada Lancer MR Mivec. Oh ya, mesin 4G93 juga memiliki varian SOHC :lol:. Bobotnya 1117kg, untuk mobil yang sudah memakai full-aerokit dan velg 16” bobot ini cukup ringan, dibandingkan dengan Civic, Lancer, Corolla, dll yang bobotnya juga berada pada rentang tersebut namun belum dilengkapi body-kit dan Velg standar 14”. Semua unsur diatas mampu menghantarkan 0-100kpj dalam 8 detik. Masih kalah dengan Civic Type R yang bermain di rentang 6-7 detik(emang mobil setan nih 😈 ). Maklum saja, mobil ini tidak memiliki teknologi tinggi pendongkrak akselerasi seperti Vtec ataupun Mivec πŸ™„ . jadul detected :mrgreen:

Image Hosted by ImageShack.us

Kesimpulan
-Gabungan antara Lancer Gti dan Mirage hatchback, dipoles Lotus, kemudian ditempel logo Proton :mrgreen:
-Mesin 1834cc+over stroke+Suspensi rancangan lotus+bobot cukup ringan dikelasnya = Performa mumpuni di jalan perkotaan maupun sirkuit.

Image Hosted by ImageShack.us

Trivia
-Produk Proton tercepat yang pernah di produksi secara masal
– satria GTi hanya terdapat satu pilihan transmisi, manual 5-speed
– Untuk pasaran UK, terdapat emblem Lotus Engineering di bawah emblem Gti
– Terdapat varian R3 yang merupakan upgrade dari varian GTi dan Very Limited. Upgrade dilakukan oleh lotus di sektor sasis untuk meningkatkan handling, dan minor change di sektor mesin.
– Produksi seluruh varian Satria dihentikan pada tahun 2006, dan digantikan oleh generasi Satria Neo.

Sekian dan trima kasih.. semoga berguna πŸ™‚

About Emillio Armada Siregar

Seorang manusia yang sedang berusaha keras memulai kehidupan yang benar-benar baru...

Posted on September 5, 2011, in 4 Wheels and tagged , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. Yang merah yang pakai velg Desmond Regamaster (ato Rota?) keren…..

    Eh, kalo Mirage Cyborg tuh juga sama kan kayak Satria GTi ini?

    • regamaster tuh..hehe keren emang.. padahal klo diliat modifnya ga terlalu banyak…

      Mirage Cyborg emang sama persis ama ni mobil, cuma beda gril.. GTi = Cyborg R(tanpa bodykit lotus)

      jiah proton cuma bikin grill doang :mrgreen:

      • Ane inget kalau mobil hatchback paling top dari Proton tuh PERT

        Suka menang rally sih sama si Karamjit Singh πŸ™‚

      • Proton Perth yang ini bukan?

        Image Hosted by ImageShack.us

        dulu pertama liat di autocar pas halaman “congrats karamjit singh”
        rada geli juga… soalnya sekilas cuma evo VI yang ganti emblem :mrgreen:

        sekarang ini yg lg hot πŸ˜†
        Image Hosted by ImageShack.us

  2. HOT BANANA 😯
    HOT BANANA 😯
    HOT BANANA 😯
    HOT BANANA 😯
    HOT BANANA 😯

Leave a reply to pedal2themetal Cancel reply