Toyota “Shiban” Hiace 2.7 VVTi, VIP Paket Hemat

Image Hosted by ImageShack.us

Apa pertimbangan anda ketika memilih sebuah kendaraan? LionstarFactory menjabarkanya dalam 5 unsur, yaitu:

1. Performa
2. Kenyamanan/Ergonomi
3. Ekonomis
4. Gaya
5. Prestis

Image Hosted by ImageShack.us

Kelimanya pasti pasti memiliki proporsi dan prioritas yang berbeda bagi masing-masing individu, ada yang mengutamakan ekonomis sebagai unsur utama, dan tak banyak juga juga yang mengutamakan prestis di atas segalanya.

Image Hosted by ImageShack.us

Bagaimana bila unsur kenyamanan menjadi prioritas utama?
Shiban merupakan rumah modifikasi yang biasa merombak kendaraan terutama bagian iterior agar menjadi lebih indah, dan memaksimalkan kenyamanan kendaraan tersebut. Kreasi Shiban seperti Toyota Hiace atau minibus lainnya, dijual ke pasaran dengan kompensasi harga yang tentunya lebih mahal dari varian standar. Intinya kendaraan ini dikhususkan bagi konsumen yang menganggap kenyamanan diatas segalanya, tanpa peduli gaya, apalagi prestis.

Image Hosted by ImageShack.us

Tanpa peduli gaya? tidak sepenuhnya benar … nah mari kita lihat Toyota Hiace Commuter 2.7 VVT-i hasil kreasi Shiban ini. Minibus satu ini memang terlahir dengan disain futuristis dan jauh dari kesan kalau ini “mobil niaga”, walaupun kodratnya tetap tidak bisa dipungkiri bahwa tetap saja ini adalah Mobil Niaga. Shiban semakin menutupi kodrat tersebut dengan membenamkan Velg Lenso 17” yang menghiasi keempat roda dipadu dengan lapisan karet bundar 215/55/R17. Tak hanya itu, kehadiran roof spoiler di bagian belakang cukup mempermanis tampang dari Hiace. Yah cukuplah ubahan eksterior sampai disitu, karena apabila ditambah lebih banyak part lagi seperti bodykit yang ada mobil ini lebih mirip angkot:mrgreen: .

Image Hosted by ImageShack.us

Image Hosted by ImageShack.us

Bagian interiornya dibagi menjadi dua bagian, yaitu kokpit dan kabin belakang. Untuk kokpid begitu masuk kita akan disuguhi pemandangan lux dari dashboard berdetail kayu dengan proporsi yang sangat luas. Bahkan, proporsi wood printing yang ada di mobil ini jauh lebih banyak dari wood printing panel Toyota Altis yang ada di rumah LF. Bahkan wood printing ini menjamah hingga ke bagian stirnya yang 4 spoke dan shift knob. Ditambah lagi dengan keberadaan head unit D-Din yang sepertinya standar bawaan Toyota . Untuk jok pengemudi dan navigatorpun sudah memakai arm rest khas capatain seat dan tak lupa dilapisi kulit berwarna cream. Ditengah-tengah terdapat console box super besar yang juga bisa berfungsi sebagai cool box.🙄

Image Hosted by ImageShack.us

Beranjak ke kabin yang pertama kita lihat pastilah mekanisme buka tutup pintu yang memakai auto slide door, So dalam hal buka tutuppintu pun mini bus ini tidak kalah keren dari Alphard:mrgreen:. Untuk di barisan kabin depan terdapat dua unit kursi pijat yang super empuk, letaknya saling terpisah dengan masing-masing dilengkapi arm rest dan foot rest. Di depan dua kursi tersebut terdapat dua kursi add-on yang berukuran lebih kecil yang diantara keduanya terdapat sebuah head unit JVC, Ampli, tombol buka-tutup pintu, dan beberapa lighter yang tersusun apik untuk memanjakan penumpang😆 . Oh ya, untuk komunikasi antara driver dan penumpang kabin dilakukan dengan menggunakan Intercom yang bentuknya seperti telepon. Kayak di limosin-limosin itu lah😆

Image Hosted by ImageShack.us

Image Hosted by ImageShack.us

Di bagian paling belakang bertengger 3 unit jok yang saling berdempetan, namun kelihatannya masih cukup lega. Tidak ketinggalan unsur safety dimana terdapat sabuk pebgaman di masing-masing kursi. Keseluruhan busa nyaman tadi dibungkus dengan cover berbahan kulit. Sedangkan untuk detail trim dam plafon lebih banyak menggunakan bahan fabric🙄

Image Hosted by ImageShack.us

Untuk urusan Car Entertaintment, penumpang dimanjakan dengan sebuah LCD yang cukup besar berukuran 22” yang penempatannya di paling depan kabin, so pastisemua kebagian jatah nonton TV:mrgreen: . terdapat 6 buah sepaker di bagian kabin, dan 2 buah speaker untuk bagian kokpit. Cocoklah untuk hiburan selama perjalanan. Dan demi menjaga privasi di dalam mobil, dilengkapi juga gorden yang menutup seluruh jendela mobil. Jadi kita mau ngapain aja di dalam ga ada yang tau:mrgreen: .

Image Hosted by ImageShack.us

Muncul pertanyaan, “ga mendingan beli Alpard aja tong? Lebih ganteng cuy”
Sekarang mari kita hitung-hitungan. LionstarFactory sudah berusaha mencari tahu berapa banderol dari Shiban Hiace 5 seater 2.7 ini, namun sangat sulit untuk mengetahui berapa banderolnya. Satu-satunya cara hanya dengan menelepon pihak Pan Overseas Motor Thailand Company(PMTCO) selaku dealer resmi VIP ini. Puyeng deh, miskin pulsa pula:mrgreen:

Image Hosted by ImageShack.us

Tapi LionstarFactory pernah mendapat informasi harga OTR Toyota Hiace 2,7 standar di IU Jakarta seharga Rp 350jt. Dengan modifikasi di atas, sepertinya ongkos modifikasi paling mahal sekitar Rp100jt. Soalnya LionstarFactory belum pernah ketemu modifikasi interior+audio SQ aliran VIP di kontes modifikasi menyentuh angka segini. So, kita ambil asumsi termahal saja.

Jadi total harga mencapai Rp450jt untuk sebuah Hiace dengan kenyamanan kabin yang sangat lux.
Bandingkan dengan toyota Alphard 2.4S yang dibanderol Rp830-850jt OTR Jakarta. Hampir 2x lipat harga Shiban Hiace😯. Dari aspek economic maintenance, jelas saja mobil ini unggul. LionstarFactory meghabiskan masa sekolah dengan bus Toyota Hiace generasi IV, dan supir bus sendiri mengaku perawatannya tetap saja khas minibus, murah. Dan memang benar, belum pernah perawatan minibus lebih mahal dari mobil sedan, apalagi mobil mewah sekelas Alphard.

Image Hosted by ImageShack.us

Kesimpulannya, bagi anda manusia yang memprioritaskan sebuah kenyamanan ala Toyota Alphard, namun masih memikirkan soal aspek ekonomis, dan tidak terlalu peduli gaya, maka Toyota Hiace 2,7 VVT-i versi modifikasi merupakan mobil yang sangat pas untuk anda😆. Sayangnya Toyota Astra Motor tidak menjual apalagi men.CKD mobil ini, IU Only😈 . Kalau saja di.CKD, bukan tidak mungkin harga mobil ini bisa bermain di kelas Middle semacam Innova.

Ok sekian dulu bro semua, semoga bermanfaat 
LionstarFactory mau ngayal dulu mudik pake Shiban Haice:mrgreen:

btw udah lebaran.. minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin🙂

About Emillio Armada Siregar

Seorang manusia yang sedang berusaha keras memulai kehidupan yang benar-benar baru...

Posted on September 3, 2011, in 4 Wheels, Modifikasi and tagged , . Bookmark the permalink. 13 Comments.

  1. Mantap…..di Jakarta dah ada sih yang masukin HiAce, cuman ya pada tengsin aja. gara-gara imej HiAce jadul yang selevel ama Colt😆

    *velgnya VIP sekali🙂

  2. Hehe, iya juga ya….

    Blog? Mungkin hari ini ada tulisan baru…tunggu aja🙂

  3. mesin 2700? si 2TR-FE milik Fortunerkah?:mrgreen:

  4. BTW ada emblem D-4D….kayaknya yang ini versi 2KD-FTV ya?

  5. akatsuki 1203

    ada nggak yang model githu tapi yang 9set

  6. Klo showroom/workshopnya dimana? Atau klo diJkt ada dimana??
    Sya perlu utk mobil keluarga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: