How to Modif Yamaha Vixion

Image Hosted by ImageShack.us

Tidak terasa 2 bulan sudah tidak menunggangi Yamaha V-Ixion apalagi mengurusnya. Biasanya tengah malam gini motor tersebut saudah saya bawa keliling kota Medan untuk jalan-jalan malam atau terkadang hanya sedikit menguji adrenalin dengan cornering di tikungan. Vixion terpaksa ditinggal di Medan karena pemiliknya harus pulang kepada boss tercinta di Batam:mrgreen:.

Artikel kali ini bisa dibilang artikel kangen-kangenan, karena LionstarFactory lagi kangen menyemplak motor tersebut maka kali ini bakal membahas artikel tentang apa yang harus dimodifikasi Yamaha Vixion🙄, oh iya mohon maaf bila artikel ini rada narsis ya:mrgreen:

Image Hosted by ImageShack.usSi Culun😈

Yamaha Vixion terlahir dengan aura sporty, namun dibumbui dengan kelengkapan yang merusak nilai sporty.nya. Akhirnya? Tampilannya menjadi sangat CULUN😈 . LionstarFactory akan mengemukakan beberapa opini tentang bagian-bagian menurut LionstarFactory harus diubah dari Vixion. Ini murni subjektifitas saya😆

Image Hosted by ImageShack.us

Oke kita mulai dari :
1. Stang+penurunan shock depan
Inilah hal pertama yang paling merusak tampilan, huh… rangka aura sporty dari Delta Box terkubur mentah-mentah dari aplikasi stang tinggi yang saya bilang mirip stang sepeda pak guru ini. ASLI CULUN!! So, alternati termurah gantilah dengan stang baplang Ninja R seharga Rp50-60rb, walhasil keculunan tadi jauh berkurang. Lebih keren lagi? Ganti stang jepit! Riding position bakal berubah, dan anda aka terlihat makin gagah palagi diikuti penggantian segitiga. Harga stang jepit Ninja RR+segitiganya dibanderol Rp500rbuan dan tidak perlu banyak penyesuaian untuk memasangnya. Namun bagi sebagian besar orang, stang jepit merupakan momok yang menakutkan karena bisa mengakibatkan badan pegal. Jadi, pikirkan dulu konsekuensinya. Oiya, turunkan shock depan sekitar 4cm untuk agar motor tambah nungging. Lenoh dari 4cm, tambah oli shock.

Image Hosted by ImageShack.usGanti Stang, dan turunkan fork depan🙄

2. Spakbor
Ini juga satu hal yang tak kalah bikin mata sakit kala memandang buritan Vixion. Kenapa? Motor batangan mana yang dikasi spakbor sepanjang dan sebesar Vixion? Jarang!! Alhasil ban belakang yang cungkring, makin bertambah kesan cungkringnya. Lakukan pemotongan terhadap spakbor ini sebatas garis ditengahnya saja. Dengan melakakukan langkah ini, setidaknya anda tidak perlu terlalu cepat menuju poin no.4, karena ubahan ini setidaknya menutupi kekurangan dari dua poin. Biaya pemotongan spakbor Rp10-20rb. Jangan takut merusak spakbor, karena harganya di dealer Yamaha Cuma Rp30rb.

Image Hosted by ImageShack.usSpakbor yang sudah dipotong

3. Cakram Belakang
Ini bagian paling sering dicaci, Hari gini masih tromol? Bebek aja uda cakram :p. Namun karena hal ini perlu biaya+pengerjaan yang bagus, maka memang jangan terlalu buru-buru melakukan modifikasi di sisi ini. Biaya sangat bervariasi, tergantung kualitas yang anda inginkan. Dengan kualitas original, maka biaya bisa mencapai 1jutaan. Bisa saja dengan paket yang lebih hemat sekitar 400-500rb, tapi siap-siap saja pusing di kemudian hari:mrgreen:, untuk lebih detail tentang Rear Disc Brake

Image Hosted by ImageShack.us

4. Ban
Banyak yang berfikir agar motor makin sangar, maka dipasanglah ban dengan tapak selebar-lebarnya tanpa mengingat berapa lebar velg.nya, padahal pemikiran terebut belunder besar. Pemakaian ban yang jauh melebihi lebar Velg bakal mengakibatkan super duper Donattt. So, tampilan malah jadi rusak dan terkesan kampungan. Untuk Velg vixion berdimensi 1,85+1,60 maka pilihan terbaik adalah ban FDR Sport XR Evo 110/70(belakang), dan FDR Sport XT 90/80 (depan). Biaya ditaksir sekitar 600rb untuk menbus kedua ban tersebut. Atau ada alternati lain, gunakan IRC RX-01(seperti punya ninja/cbr/byson) untuk depan (0/80, dan belakang 120/70. Loh kok 120/70?😯 karena RX-01 bannya lebih ramping ketimbang XR Evo, kalo diapakaikan ukuran 110/70 malah kurang mekar. Untuk IRC bisa ditebus kurang dari Rp500rb. Tentu kualitasnya beda dengan FDR. Merk lain ga bisa? Bisa aja sih… contohnya Swallow, tapi menurut saya kembangnya alay, klo corsa jadi mirip BT45 yang kurang sporti😆

5. Foostep racing/ underbone
Footstep standar Vixion itu terlalu ke bawah, kurang tinggi, dan kurang maju. Spertinya untuk mengejar ergonomi yang nyaman. Alhasil, handlingnya ga enak dan susah dipakai cornering. Apalagi yang sudah mengaplikasi stang jepit, maka underbone merupakan perangkat wajib bagi, kalau tidak ya ergonomi alias riding position sangat-sangat aneh😆
Ganti dengan merk-merk yang banyak dipasaran. Sejauh ini paling Reccomended merk Nui seharga Rp375rb.

Image Hosted by ImageShack.us

6. Disc Depan
Tidak terlalu wajib, namun apabila diganti dengan yang lebih lebar, amak efeknya sangat-sangat terasa. Selain tampilan yang wah, pengeremanpun jadi lebih empuk. Disc Reccomended merk PSM seharga Rp385rb. Dulu ada HMF, tapi sekarang sudah sulit ditemukan.

Image Hosted by ImageShack.us

7. Knalpot
Lagi-lagi tidak wajib, namun penggantian knalpot model terompet sangat pas diaplikasikan ke Vixion. Kanlpot yang LionstarFactory rekomendasikan R9 Monza Blue atau CLD Carbon😈 Untuk Monza Blue Harganya sekitar 1jt, dan CLD Carbon 1,6jt. No offense!! Kenalpot dibawah harga 800rb kebanyakan bikin tarikan ngempos, yang ada performa bakal turun. Suara yang berisik merupakan konsekuensi, bisa juga diakali dengan DB Killer.

Terakhir!!
Seculun apapun wujud motor tersebut, bersyukurlah karena tidak semua orang bisa menikmatinya. So, rajin-rajinlah rawat motor anda. Usahakan selalu bersih, dan lakukan polishing, waxing sesekali🙂 Kebersihan dan perawatan adalah kharisma utama dari sebuah kendaraan.

Sekian untuk ubahan yang menurut subjektif LionstarFacotry sangat direkomendasikan hanya untuk mencapai satu kata, KEREN!!. Keren disini lagi-lagi menurut selera dan subjektifitas penulis, so jadi jalau anda memiliki selera dan ide yang berbeda, silakan dikemukakan disini:mrgreen:

Izin narsis dulu ya:mrgreen:

Image Hosted by ImageShack.us

Image Hosted by ImageShack.us

Image Hosted by ImageShack.us

Wassalam, terima kasih😀

About Emillio Armada Siregar

Seorang manusia yang sedang berusaha keras memulai kehidupan yang benar-benar baru...

Posted on August 12, 2011, in Vixion and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 19 Comments.

  1. Pengen pasang rear diskbrake, cuman bingung cari-cari disk Tiara atawa 125Z…kekeuh pengen Yamaha semuwah😡

  2. Woh shock depan turun 4cm.mentok dong?
    Di tambah oli,resikonya jd gak empuk.
    Vixi ku cuma turun 2cm,itu aja kalau ngerem xtra hard sudah mepet.

    • empuk ato engganya relatif sih mas… kalo menurut ukuran saya masih empuk😆
      ditambah lg handlingnya jauh lebih stabil.. reccomended banget buat yang suka cornering🙂

  3. hmm, minor change tapi perubahannya keliatan banget:mrgreen: mayanlahh

  4. Gan, bagi poto lagi dong, terutama yang bannya
    gw mau ganti ke 110/70 nih, tapi galau mau 110 apa ke 100/80, soalnya takut kegedean/ngedonat

  5. bro itu cover engine nya dapet dimana ? berapaan ya ?

  6. stang jepitnya pake merk apa tuh mas?

  7. bannya dari pabrikan selalu kecil, sepertinya maksud yamaha sama kayak honda pada cs1. biar agak lincah dan tarikan ringan, padahal kan kayak alay jadinya. byson aja berani kekar….

  8. wah siipp banget gan. tapi ane kalau mau pasang ban belakang 2.75 depan 2.25 cocok gak ya gan ?

  9. yg paling pas emng 110/70 , 90/80 ya gan buat velg stndar depan belakang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: