International ProStar, The Cascadia Chalenger

Image Hosted by ImageShack.us

Kembali lagi bersama saya BintangSinga a.k.a Lionstar dalam LionstarFactory:mrgreen: . Kemaren saya sudah memabahas si mewah Cascadia, dan rebuild Bsmith, nah topik tulisan saya kali ini masih urusan truk gandeng alias rig. Kali ini yang kebagian giliran untuk dibahas adalah musuh bebuyutan Cascadia, yaitu International ProStar khususnya jenis sleeper/hi top/ atap tinggi. Tersedia 4 jenis varian ProStar, Standard, Premium, Eagle, dan Limited. Namun yang saya tulis merupakan gambaran umum antara ketiganya, toh saya juga hanya memberi gambaran secara umum:mrgreen: .

Oke, kita mulai yah.. ehem😈

Image Hosted by ImageShack.us

Dilihat dari eksterior memang jelas kalau ProStar ini sangat pas bila diadu dengan Cascadia yang notabene juga memiliki desain elegant yang cenderung membulat di setiap sisinya. Bahkan sekilas keduanya bak pinang dibelah dua😆 . Aroma Lux makin jelas kala melihat bagian moncong depan yang IMHO, menurut LionstarFactory sangat mirip dengan Chrysler PT Cruiser terutama bagian headlamp :twsited: . Di bagian kaca depan truk ini dilengkapi dengan “poni” yang berfungsi sebagai pelindung mata sang driver dari silaunya mata hari, “Poni” juga merupakan salah satu kelengkapan dari Prostar yang tidak dimiliki Cascadia🙄 . Secara tampilan penulis berpendapat kalau Prostar ini lebih mewah ketimbang Cascadia.

Image Hosted by ImageShack.usChrysler PT Cruiser

Image Hosted by ImageShack.us

Untuk mesin Prostar tersedia dua varian mesin Cummins® ISX: 385 11,9l (600hp) dan International MaxxForce 450hp. Kedua tipe diatas dapat dikawinkan pula dengan 3 jenis pilihan transmisi yang berbeda dan bermacam rasio🙄 , yaitu Eaton Fuller 10, 13, 15, 18-Speed Manual, Eaton Fuller AutoShift 10, 18-Speed Manual, dan yang seperinya paling asik adalah Eaton Fuller UltraShift 10-Speed Fully Automated Manual yang bisa dioperasikan secara manual dan otomatis😯, hanya dengan tombol dan tanpa tuas transmisi, praktis dan tentu saja menambah ergonomi berkendara, mirip lah dengan teknologi sedan-sedan sekarang:mrgreen:.

Image Hosted by ImageShack.us

Image Hosted by ImageShack.us

Ayo beralih ke Interior, hmm Interiornya ternyata tidak semewah Cascadia yang penuh detail kulit dimana-mana, ProStar terkesan simpel dan minimalis. Namun urusan kelengkapan ProStar juga memiliki kelengkapan yang setara dengan Cascadia. Sama-sama terdapat tempat tidur tingkat, laci untuk menyimpan barang, lemari gantung, TV, Remote Keyless Entry System, dan penghangat cabin. Sayangnya Prostar tidak dilengkapi Captain Seat🙄 . Meskipun begitu tetap saja interior ini masih terhitung berkelas, minimal sekelas sedan Mid-End lah.. tetap nyaman kan? :p.

Image Hosted by ImageShack.us

Image Hosted by ImageShack.us

Oh ya, ProStar kerap dikomparasi dengan Cascadia dalam hal konsumsi bahan bakar. Konsumsi bahan bakar Prostar diklaim lebih irit 7-14% lebih irit dibandingkan Cascadia. Jangan tanya konsumsinya yah, selain sulit untuk menemukan datanya, penulis juga malas mengetahui berapa konsumsinya. Dengan kapasitas diatas 10.000cc sepertinya masih bisa 1:20, 1 Liter Bensin/solar untuk menempuh 20km 20 rumah.. bikin pusingkan?:mrgreen:

Image Hosted by ImageShack.us

Efisiensi dari ProStar ini diklaim datang dari teknologi WindTunnel. Ya, terowongan udara yang intinya mengurangi hambatan udara yang datang dari depan sehingga meminimalisir penekanan throttle untuk mencapai kecepatan tertentu. Teknologi WindTunel terdiri dari tiga peranti yaitu Air Fairing(standard), Chasis Skirt(optional), Side Extenders(optional). Semakin banyak banyak peranti yang ditambahkan, maka semakin besar efisiensi yang dapat dicapai.

Image Hosted by ImageShack.us

Untuk kelengkapan safety ProStar dilengkapi dengan Airbag dan ABS di keempat rodanya yang memungkinkan ProStar bersaing head to head dengan Honda CBR 250R ABS:mrgreen:

Sekian dan terima kasih 

About Emillio Armada Siregar

Seorang manusia yang sedang berusaha keras memulai kehidupan yang benar-benar baru...

Posted on August 11, 2011, in 4 Wheels and tagged , . Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. Lebih mewah dari rumah aye😦

    *bener, mirip banget ama PT Cruiser idungnya😡

  1. Pingback: One of Renault’s Dream, Radiance Concept 2004 « LIONSTAR Factory

  2. Pingback: One of Renault’s Dream, Radiance Concept 2004 « Emillio Armada Personal Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: