Peterbilt Bsmith ’81, The Big Red Sleeper

Image Hosted by ImageShack.us

Lupakan sejenak kemewahan Freightliner Cascadia, dan kini lihat kegagahan dari Peterbilt😈 . Peterbilt merupakan nama yang paling tersohor  di jajaran american truk bergenre muscle selain Kenworth dan Freightliner tipe Coronado tentunya. Mungkin bila di analogikan Peterbilt merupakan Harley-Davidson di dunia roda dua… American Style😈

Image Hosted by ImageShack.us

Tak terkecuali BSmith yang tentunya masih bersaudara dengan Optimus Prime a.k.a Peterbilt 379. Big Red! Begitu sang pemilik menyebut custom rig buatan tahun 1981 ini. Setelah 28 tahun disiksa dan menghabiskan 1,6jt mil perjalanan, akhirnya truk ini gempor dan meminta restorasi. 28 tahun!!???😯 Sepertinya umur yang sangat jarang bagi sebuah Fuso dan Nissan Diesel😆 .

Image Hosted by ImageShack.usMasa-masa penyiksaan :mrgreen:

Silahkan lihat bagian eksterior, tak terlalu ekstrim seperti kebanyakan custom truck lainnya, The Big Red tampil elegant tanpa ceper berlebih, dan masih dengan laburan detail krom di berbagai sisi seperti kebanyakan american custom lainnya. Hampir seluruh bagian berbahan metal seperti kap mesin, fender, kabin diganti dengan material berbahan Stainless Steel. Tak luput juga deck dengan bahan stainless steel, dan melapis seluruh rangka dengan bahan yang sama pula.

Image Hosted by ImageShack.us

Image Hosted by ImageShack.us

Dari awal truk ini memang berkonsep aliran sleeper, kalem diluar namun ganas di dalam!😈 Restorasi di bagian mesin dimulai dengan perlakuan khusus terhadap Caterpillar 3408 V8 450-hp. Elite Motor Works melakukan pembesaran injektor, Oversize Piston, dan memperbesar kapasitas turbo. Hasilnya? 1000hp😈 . Power yang bertambah tentu menuntut ketersediaan “minuman” yang lebih banyak. So, tangki standar berkapasitas 135 gallon terpaksa pengsiun dan berganti dengan yang berkapasitas 185 gallon dari Alum-I-Tanks.

Image Hosted by ImageShack.us

Beralih ke bagian interior, sang modifikator tak terlalu banyak melakukan ubahan. Sepertinya memang sengaja memnjaga orisinalitas, toh interior standarnya sudah cukup ciamik dengan aksen wood panel dimana-mana, lagi-lagi detail krom, dan sentuhan kulit di bagian plafon, trim, dan captain seat. Untuk hiburan kabin dilengakapi sebuah head unit Pioneer beserta sound systemnya, DVD Player, dan sebuah kamera untuk meantau keadaan di belakang.

Image Hosted by ImageShack.us

Image Hosted by ImageShack.us

Finally, seluruh restorasi tadi ditutup dengan laburan cat Dupont Imron 6000 Polyurethane Autumn Leaf yang dipadu dengan warna primer hitam menghasilkan warna merah menyala yang lagi-lagi makin memberikan kesan elegan pada truk ini. The Big Red pengsiun dengan terhormat dengan ganjaran 2009 Big-Rig Build-Off Industry Award. Akhir yang manis dari 1,6jt mil perjalanan.

Image Hosted by ImageShack.us

About Emillio Armada Siregar

Seorang manusia yang sedang berusaha keras memulai kehidupan yang benar-benar baru...

Posted on August 10, 2011, in 4 Wheels, Modifikasi and tagged , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. SICK!

    dari awalnya tukang angkut bulldozer, sekarang full billet & krom semuwah😯

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: