Ketololan Saat Riding, Mendahului Dari Sisi Kiri

Bahasany memang sedikit sarkas, yah tapi biarin aja… terkadang sarkasme jauh lebih mengena daripada main halus melulu :mrgreen:… Sering kita temui ulah para biker yang entah mereka sadari atau tidak telah membahayakan dirinya sendiri, malah bahaya yang bisa mengakibatkan kehilangan nyawa tersebut sering dispelekan. Salah satu kebiasaan para biker yang sering tidak mereka sadari adalah menyalip mobil dari tepi kiri atau dari sisi yang sempit.

Image Hosted by ImageShack.us

Mungkin kalau di tengah kepadatan kota menyalip mobil dari tepi kiri masih bisa dimaklumi(walaupun tetap sangat tidak dianjurkan) karena kecepatannya hanya berkisar 20-40kpj, jadi kalaupun tersenggol maka impact.nya tidak terlalu berbahaya. Nah, parahnya kebiasaan seperti ini kerap ditemui juga ketika riding perjalanan ke luar kota, bahkan oleh teman-teman saya sendiri, yang disalip juga ga main-main, tronton dan bus antar provinsi..! . Alasannya? Katanya sih “lebih enak karena ga ada halangan dari mobil yang datang dari arah berlawanan..”, dibilang itu salah, dia malah ngelawan… Cuma bisa geleng-geleng ngeliatnya… ketauan SIM.nya nembak nih:mrgreen:

Padahal dalam Peraturan Pemerintah No. 43 tahun 1993, telah jelas diatur

Pasal 52
(1)Pengemudi yang akan melewati kendaraan lain harus mempunyai
pandangan bebas dan menjaga ruang yang cukup bagi kendaraan yang
dilewatinya.

(2)Pengemudi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), mengambil lajur atau
jalur jalan sebelah kanan dari kendaraan yang dilewati.

Pada saat mobil sedang berjalan, fokus pengendara mobil adalah pada bagian kanan dan depan mobil… driver hanya sesekali melihat tepi kiri melalui spion hanya untuk memastikan kalau mobilnya tidak terlalu menepi dan tidak keluar dari aspal, ingat! Mobil tidak terlalu stabil dalam menentukan posisinya di tepi kiri, karena fokusnya memang tidak pada sisi kiri. Apalagi, dengan ruang tepi kiri yang tidak sampai semeter itu sangat memungkinkan terjadinya senggolan antara motor dan mobil. Karena itulah menyalip dari kiri merupakan hal yang dilarang dalam peraturan lalu lintas. Akibat dari senggolan pada kecepatan tinggi tersebut bisa bermacam-macam… syukur-syukur kalo cuma jatuh ke sisi luar jalan, nah sering juga pengendara motor ini malah jatuh ke sisi dalam dan masuk ke kolong mobil😈 , apalagi jika masuk ke kolong bus atau truk😯

Image Hosted by ImageShack.usFokus dari pengendara mobil

Dari sudut pandang pengendara mobil sendiri melihat pengendara motor yang mendahului dari kiri merupakan hal yang nyesek, kalaupun bioker tersebut lewat dengan selamat merupakan hal yang dianggap keberuntungan. Semoga ke depannya para biker lebih sadar terhadap keselamatan berlalu lintas di jalan. Ingat aja ama keluarga dan orang yang dicintai. Dan yang penting juga ingat masa depan, kalo TEWAS sih palingan selesai gitu aja, nah kalo CACAT PERMANEN? Hidup segan mati tak mau bro!! Susah kerja, susah mau ngapa-ngapain, dan yang pasti susah cari cewe:mrgreen: … belum lagi biaya pengobatan yang mahal, dan ngerepotin orang sekitar kita .

Semoga berguna😆

About Emillio Armada Siregar

Seorang manusia yang sedang berusaha keras memulai kehidupan yang benar-benar baru...

Posted on July 4, 2011, in Riding and tagged , . Bookmark the permalink. 8 Comments.

  1. bahaya ini …. sayang di kemacetan kota kadang orang2 sudah terbiasa bergelut selap-selip dengan tronton! dan seperti ga ada pilihan

    • ya makanya itu mas saya bilang.. klo di tengah kepadatan lalin kota sih masih bisa dimaklumi walaupun tdak dianjurkan… untuk kecepatan 40kpj ke atas engga deh😆

  2. Mas, pernah lewat pantura..?

  3. nah… klo mobilnya dikanan mulu ga ngasih jalan gimana…??? apa kta harus anteng ja di asapi di belakang… :devil:

    • byg saya tuliskan klo mobil berada di lajur kiri, tp kita ttp motong dari sebelah kiri mobil itu (sisi yang sempit)… apapun alasannya tetap tidak dibenarkan klo situasinya demikian…😈

  4. tapi skrrg kan ada rambu yg menyebutkan kalo kendaraan motor ambil jalur kiri jalan dan nyalakan lampu..
    how about it?

    • sebenarnya itu bukan sekarang doang, tp udah dr dulu… itukan posisinya saat berjalan biasa di ajur kiri, kalo mendahului ya tetap harus dari sebelah kanan kendaraan yang akan didahului..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: