Vespa Roda Empat a.k.a Vespa Mobil a.k.a Vespa 400

Image Hosted by ImageShack.us

Selama ini jika kita mendengar nama Vespa, maka yang terngiang di pikiran kita adalah sesosok Scooter klasik beroda dua dengan pantat yang semok… namun masih banyak yang belum mengetahui bahwa Vespa memilki varian mobil berjenis micro car atau city car yang dijual dari tahun 19657 hingga 1961.

Image Hosted by ImageShack.us

Ia adalah Vespa 400 si mobil imut yang diproduksi oleh ACMA (Ateliers de Constructions de Motos et Accessoires) Perancis dengan paten disain dari Piagio Italia. Vespa 400 memiliki dua varian, yaitu Lusso dan Turismo.

Vespa 400 dipersenjatai mesin dua silinder, dua langkah, berkubikasi 393cc. Karakter mesinnya sendiri adalah square, yaitu bore x stroke 63mm x 63mm… tentunya memiliki karakter yang seimbang antara putaran atas dan bawah. Rasio Kompresinya sangat rendah hanya 6,4:1 (bisa isi premium nih:mrgreen: ). Transmisi daya ke roda belakang disuuplai oleh transmisi manual 3-speed. Tenaga yang dihasilkan mencapai 18Hp, dan mampu menghantarkan mobil ini hingga kecepatan 80-90kpj. Tenaga yang cukup untuk sebuah micro car, apalagi di tahun 50an.

Image Hosted by ImageShack.usDimensi mesinnyapun ikutan imut:mrgreen:

Modelnya sendiri tetap mencerminkan disain khas Vespa yang semok dan simpel. Namanya juga taun 50an, disainnya pasti retro dong😆 … Keunikan mobil ini terdpat pada bagian engsel pintunya yang terdapat di pilar tengah, otomatis arah membuka pintunyapun di depan. Tidak seperti lazimnya mobil-mobil sekarang… mungkin di jaman itu biasa kali ya mobil engselnya terbalik. Atapnya sendiri menggunakan model kanvas yang dapat dibuka ketika ingin menikmati panorama alam, seperti panoramic roof di jaman sekarang.. tp waktu itu teknologi belum semaju sekarang, kanvaspun jadi😀 . Penempatan mesin terdapat di bagian belakang, sementara untuk ruang di depan bisa dimanfaatkan untuk menaruh barang.

Image Hosted by ImageShack.us

Image Hosted by ImageShack.usPanoramic Roof jadull😆

Bagian interior seperti lazimnya sebuah micro car hanya tersedia dua buah kursi di bagian depan, dan sebuah bantalan untuk tempat duduk anak kecil di bagian belakang. Jadi idealnya mobil ini bisa mengangkut 2 penumpang dewasa, dan 2 anak kecil. Lebih luas la dibanding micro car Mercedes Smart yang cuma bisa dinaiki dua orang😉.

Sayangnya pada tahun1961 mobil ini berhenti diproduksi.. ntah apa alasan Piagio menghentikan produksinya… namun setidaknya Vespa 400 membuktikan bahwa pabrikan Piagio juga mampu memproduksi alat transportasi lain selain Scooter Vespa.

Image Hosted by ImageShack.us

Image Hosted by ImageShack.us

Gimana ya klo seandainya sekarang arwah Vespa 400 dihidupkan lagi? Ampun deh… apa tetap jadi micro car atau malah jadi kendaraan hobby yang prestis layaknya Piagio MP3.. ?:lol:

Image Hosted by ImageShack.us

About Emillio Armada Siregar

Seorang manusia yang sedang berusaha keras memulai kehidupan yang benar-benar baru...

Posted on May 13, 2011, in 4 Wheels, Motor. Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. sangar bib butut lagi ngerti ini aku 😯

    apalagi gambar paling bawah mangstab :mrgreen:

  2. Asyik kali ya!

  3. vespa i lake you forever

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: