Review Shell Advance AX7

Image Hosted by ImageShack.us

Tanggal 4 Mei atau tepatnya hari selasa lalu odometer motor saya tepat menunjukkan angka 12991km yang artinya saya sudah harus ganti oli setelah sebelumnya ganti di 10100km. Apalagi performa saya rasa sudah mulai berkurang dan ga enak buat dikendarai. Yasudah.. sore itu saya putuskan buat ganti oli di tempat biasa saya ganti oli.. oli yang mau saya beli adalah Shell VSX yang pernah saya pakai, dan saya akui kualitasnya bagus dan sangat cocok dipakai di Vixion.

Sesampainya di bengkel, saya minta ganti oli dengan Shell VSX, eh si kokoh tukang bengkel malah ngasi Shell AX7.. saya pun bingung.. “kok AX7 pulak bang? Aku kan maunya VSX…” kata saya dengan bingung.. “VSX udah gak ada, gantinya AX7.. kualitas lebih bagus…baru aja masuk tadi pagi” jawab si kokoh… ternyata ini toh oli barunya Shell yang pernah diberitakan itu… kirain VSX tetap ada… harga? Cuma beda seceng ama yang VSX… yasudah langsung hajar aja..”ganti bang…!”.. sebenarnya agak skeptis ama bengkel di Medan, makanya sambil si kokoh ganti oli saya browsing tentang Shell AX7 di hp.. dan ternyata si kokoh ga bohong.. Shell Advance AX7 dengan SAE 10w-40/JASO MA2/API-SL tersedia dua varian yaitu Untuk Scooter danmotor biasa, tentu yang saya pakai bukan untuk untuk scooter😆. Tidak perlu waktu lama, si kokoh yang telaten selesai mengganti oli motor saya(sampe lupa foto😦 ). Habis bayar, langsung caww! Menuju tempat cuci motor…

Image Hosted by ImageShack.usAX7 Sebagai pengganti VSX

Diperjalanan menuju Door Smeer Kereta:mrgreen:, saya rasakan deru suara mesin yang sangat halus pada saat di starter, perpindahan gigi yang mulus dan tidak ada gejala menggelitik pada saat perpidahan gigi. Semuanya mulus, tarikan pun lebih mantap. Setan di telinga mulai berbisik… Iseng-iseng saya tarik gas sampai 9500RPM, mesin teriak dengan suara yang lebih padat dan merdu… motor terasa nyundul-nyundul di tiap pergantian gigi. Ga kerasa angka di speedometer udah berada di angka 100kpj pada gigi-4… untungnya saya segera sadar ini di dalam kota, dan segera tutup gas dan menekan handle rem. Saya akui kualitas AX7 sangat bagus dan cocok untuk Vixion. Bahkan lebih sip bila dibandingkan Shell VSX yang pernah saya pakai. Apalagi dibanding dengan oli sebelumnya, Yamalube… jauuhh….tapi maklumlah… dari spesifikasi saja jelas beda.. Yamalube Full Mineral Oil, sementara AX7 Semi-Synthetic Oil. Dari hargapun Yamalube hampir setengah dari harga AX7. Tapi kalau dibandingkan ama Oli Fully Synthetic kayak Shell Ultra atau Motul H-Tech saya tidak tahu hasilnya.. soalnya saya sendiri belum pernah mencicipi Oli Fully Synthetic… secara logika pasti oli-oli tersebut lebih mantap lagi kualitasnya… namun harganya juga “mantappp”… untuk mahasiswa seperti saya yang kantongnya pas-pasan, Shell AX7 adalah oli yang sangat sesuai antara kualitas dan harga. Oh iya, sperti halnya VSX konsumsi bahan bakar setelah saya hitung sedikit lebih boros dari ketika memakai Yamalube… Mungkin dipengaruhi juga dari attitude berkendara yang pengennya buka gas trus, dan ada kemungkinan2 lain di luar pengetahuan saya…

Tulisan saya pastilah masih kurang lengkap, silakan agan-agan bila ada yang mau share pengalamannya.. 

About Emillio Armada Siregar

Seorang manusia yang sedang berusaha keras memulai kehidupan yang benar-benar baru...

Posted on May 6, 2011, in Motor, Vixion and tagged , , , . Bookmark the permalink. 13 Comments.

  1. wah yang bener VSX udah ga ada, ana baru tau bro..makasih banget infonya. yaudah nabung dulu buat ganti oli nih kebetulan udah hampir 2000 km:mrgreen:

    • bnran bos… baca aja blognya om yudibatang.. kalopun ada berarti itu barang baru stok lama:mrgreen:

    • M. Mujiburrahman

      Setelah dicar-cari akhirnya kutemukan juga oli Shell Advance AX7 buat New Mega Pro ku (NMP) ….dan ternyata memang benar slogan “DENGARKAN TARIKANNYA” terasa sekali enaknya, mesin stabil, tidak bergetar dan bunyinya halus tambah gaga h aku mengendarai NMP. Mudahan tetap bertahan sampai dengan 2000 km, karena ini baru pertama ku pakai oli tersebut. Buktikan Sendiri….

  2. Adit bukan Aidit

    ada gejala indikator oli speedo nyala ga mas bro?

  3. gue udah beli ax7, pengennya ultra sih, tapi harganya gak nahan, besok gue ganti oli. mudah2an aja enak sesuai dengan yang om-om disini nyatakan. sebelumnya gue pake repsol moto 4T, repsol enak sih tapi ga bisa lama2, respol udah lewat sebulan udah gak enak.

  4. Gua pake sampe 4000 kilo tuh.

    Gak apa apa kaya nya.

  5. tapi kok AX7 bikin mesin cepet panas.pada ngrasain gak Gan???

  6. ya pasti panaslah bro kan mesin loe jalan… biar oli apapun pasti panas kan mesin brputer…
    ax7 mank mantap…!

  7. Wah jd pngen ngrsain tarikan pake shell ax7 nie…
    slma ni gw pke oli pabrikan yamaha mesin kasar & prtukaran gigi pun keras
    thanks bro bwt info na

  8. ax7 gak bisa buat jalanan macet bro.. makanya cepet panas.. klo mau yang gak gampang panas di jalanan macet pakek yagng ax5 aja..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: