PT. Alfa Scorpii: Potret Aftersales Yamaha yang Buruk

Halo Yamaha..
Saya Pemilik Motor yamaha Vixion 2009 berwarna hitam.
Lokasi: Medan. Sumatera Utara

Pada tanggal 18 Februari saya mengalami kecelakaan yang menyebabkan motor saya mengalami kerusakan yang cukup parah di bagian Fork, Headlamp, Tangki, Yoke, dll. Awalnya saya berniat membeli baut Segitiga bawah yang bengkok, dikarenakan bentuknya yang khusus(klopake baut biasa ketauan banget motor saya abis tabarakan), saya berniat membelinya di Dealer yamaha.. namun setelah berkeliling toko spare-part dan dealer resmi yamaha, tidak satupun yang menjual baut tersebut…
akhirnya saya terpaksa memakai baut yang saya beli di toko bangunan.. :nohope:

berlanjut ketika saya berniat membeli headlamp Vixion 2010, karena motor saya tahun 2009, gda salahnya dong saya face-lift? lagi2 setelah berkeliling dealer yamaha, saya tidak menemukan satupun yang menjual dalam kondisi lengkap dan tinggal pasang…. masa jual lampu gda baut2nya..gda gromett, gda bushing…gimana mau dipasang tuh lampu?:
saya pertama kali mau beli di dealer Alfa Scorpii Jln.Setia Budi,tapi disuruh ke Yamaha Sentral (alfa scorpii jln. adam malik) dan hasilnya sama saja..ga ada…!!
akhirnya saya terpaksa membeli headlamp vixion bulat model lama… karena baut2nya masih bs ditemukan di toko bangunan.. lagi2 dealer kalah lengkap ama toko bangunan…

dan yang terakhir ini yang membuat saya geram
saya inden tangki pada tanggal 13, april, 2011 di PT Alfa Scorpii Jln. Setia Budi
dijanjikan 1 minggu tangki udah datang… sampai hari ini udah genap 3 minggu.. tapi gda kepastian kapan datangnya… padahal saya udah kasi DP.. siang ini delaer Alfa Scorpii saya datangi.. dan ternyata jawaban sama sekali tidak memuaskan.. saya disuruh tunggu sampai minggu depan…
dan itu juga belum pasti ada barang yang saya cari…”tunggu minggu depan ya bang, klo ada ntar kita telpon.. klo gda ntar kita ksi tau juga..” WTF? saya disuruh nunggu satu bulan dan gda kepastian? dimana tanggung jawab YAMAHA kepada konsumen? taunya cuma jualan doang yah…
orang punya motor CBU aja ga segininya ampe karatan nungguin suku cadang satu bulan tanpa kejelasan….. :nohope:

saya mau tangki motor saya segera diproses… hanya itu…

saya mau tangki motor saya segera diproses… hanya itu…

saya mau tangki motor saya segera diproses… hanya itu…

kalau Yamaha/Alfa Scorpii punya itikad baik, hubungi saya
08566301794

About Emillio Armada Siregar

Seorang manusia yang sedang berusaha keras memulai kehidupan yang benar-benar baru...

Posted on May 4, 2011, in Motor, Vixion. Bookmark the permalink. 24 Comments.

  1. Salah pilih merk bang?

  2. kalo kata lorenzo: “wrong bike!”.

  3. sabar y bang ,, (mudah2an cepet beres + g salah pilih merk lg y ,, hehe)

    • hehe tnx bro… rasanya sih uda cukup bersabar sbnrnya.. ya mau bgimana lg.. ini lah nasib dealer di daerah… giliran jual motor aja bs cepat…

  4. Padahal konsumen dah loyal lho..mau beli part orisinal,non abal-abal
    Ealagh,kok ya msh susyah..cape dech..

  5. ya udh jokul aja tuh vixi dah ngerepotin banget…..ganti sama merk yg after salesnya bagus….

    • ga bakal di jokul bos gara2 ini.. tp ke depannya untuk beli produk dari produsen ini jd lebih mikir2…

      lagian klo dijual mana ada yg mau beli motor tangkinya penyok :hammer

  6. Sabar.com ya bang, jalan masih panjang, inget ama keluarga, jangan berfikiran pendek…
    sekalilagi sabar.com bang….:mrgreen:

  7. Legenda Raja Matahari

    onderdil yamaha memang agak sulit bang, itu saja di jawa. temen saya yang punya toko onderdil motor dah lama pingin vixi tapi selalu terbentur sama ketersediaan suku cadang. tadi sore aja bilang gir set untuk vega zr sama new jupiter z aja belum ada. memang kalau dipikir motor baru belum genap 2 tahun jadi wajar sparepartnya belum ada, tapi nyatanya ada konsumennya yang punya new jupiter z yang udah nyari tuh….
    gimana yamaha…..

    • wah ternyata di pulau jawa yang notabene dekat dengan lokasi produksi juga ngalamin hal yang sama yah…
      jd masalahnya apa ya? distribusi yang kurang merata kali ya…

  8. bkn slah merknya…….delernya aj yg payah…..
    lgyn gcma ymha ko merk ln jga kdang sering bgtu……
    pnglaman ane pernah psen tangki tiger lama di daerah cirebon,ktnya sh deler plng lkap tp jga bgtu,nglur2 wktu tnpa kpastian,eh mlah dpt di toko biasa,harga mlah lbih murah……..

    kl lmpu vixy baru minggu lalu ane dpt di bonjer ,d tko part khsus ymh….lkap ko.

    • bnr bro.. sebenarnya bukan salah merk.nya tp manajemennya… untunglah msalah bisa diselesaikan dengan sangat baik….

      memang bukan di yamaha aja, pengalaman juga sama waktu ane ngebtulin supra 125 d batam… susah nyari segitiganya..

      tp harusnya dimanapun motor itu dijual, pihak pemasar juga wajib beranggung jawab terhadap aftersalesnya di daerah itu…

  9. ^
    se7… Memang tergantung dealernya… Kadang ada kok dealer yang cepet dan 1 minggu semua parts yg dipesen dah datang… Kalo Honda, menurut pengalaman saya, kalo barang lum ada, biasanya tepat 2 minggu datangnya. Gatau kalo Yamaha…

    Waduh, jadi mikir – mikir lagi mau pindah merek dari H ke Y…😀

  10. setuju bro…bukan salah merk,tapi bengkel bersangkutan…kasus yang lebih kasihan di bajaj, dijogja gak lengkap n gak ready banyak partnya…tapi dijakarta tmen2 dsana gampang2 aj dapet part, saking gak becusnya dealer (management dll) udah tutup slama 1 bulan lbih….tp akan dganti ama yg lain, ama sumber buana motor yang biasa megang kawasaki

    • merk2 yang tergolong baru memang susah diharapkan jaringan 3s.nya bro.. pdahal produk mereka bs dibilang juga sudah banyak beredar… jumlah penjualan tidak diimbangi dengan peningkatan pelayanan…

  11. setuju bro…bukan salah merk,tapi bengkel bersangkutan…kasus yang lebih kasihan di bajaj, dijogja gak lengkap n gak ready banyak partnya…tapi dijakarta tmen2 dsana gampang2 aj dapet part, saking gak becusnya dealer (management dll) udah tutup slama 1 bulan lbih….tp akan dganti ama yg lain, ama sumber buana motor yang biasa megang kawasaki.semoga lebih baik

  12. ya ampun ymki udah kaya bumn aja bikin kecewa pelanggan mulu

  13. saya barusan beli XEON di alfa scorpi sudirman pekanbaru, pelayanan CS dan teamnya payah, saya khawatir STNK gak siap dalam 2 minggu sesuai janjinya karena gelagat tidak profesionalnya sudah kelihatan

    • Waktu saya ngambil vixion STNK selesai 1 bulan, dan memang dijanjikan segitu…
      tapi yang saya keluhkan waktu itu pihak alfa scorpii ga bilang klo motor mau dikasi plat putih harus diurus lg administrasinya… alhasil satu hari pertama beli bensin tanpa plat nomor😦
      tp selebihnya dalam penjualan waktu itu sangat memuaskan… oh iya, mungkin bagi saya memuaskan karena saya langsung ke pusat alfa scorpii.. karena terdengar beberapa keluhan soal pelayanan di cabang cabang alfa scorpii….

Leave a Reply

