Japanese Monster : Nissan Skyline GT-R R34

Image Hosted by ImageShack.us

Bagi pecinta otomotif siapa yang tidak kenal dengan sportcar dari negeri sakura ini, Nissan Skyline GT-R R34. Untuk penggemar game balap, tentunya juga tidak heran dengan keganasan mobil ini dalam mengalahkan rival-rivalnya seperti Toyota Supra dan Mitsubishi 3000GT. Di dunia televisi pun mobil ini kerap menjadi bintang dalam film-film bergenre otomotif, tentu saja yang paling terkenal adalah Fast and Furious Series. Tidak hanya di dunia video game dan TV, keganasannya juga diakui di dunia nyata lewat serangkaian even balap resmi maupun balapan ilegal di seluruh penjuru dunia.

Image Hosted by ImageShack.usDalam 2Fast 2Furious

Skyline GT-R R34 merupakan generasi ke-5 dari keluarga Nissan Skyline yang dirilis pada Januari 1999. Pada awalnya diproduksi dengan dua tipe, yaitu standard dan V-Spec. Tipe V-spec (Victory Specification) memiliki beberapa kelebihan dibanding tipe standard seperti Limited Slip Differensial pada roda dan ATTESA E-TS Pro system. V-Spec juga memiliki suspensi yang lebih keras dan ground clearance yang lebih rendah sehingga membuatnya lebih stabil saat menikung kecepatan tinggi. Pada tahun 2000 diproduksi juga tipe V-Spec II yang ditambah detail carbon di beberapa tempat seperti spoiler dan kap mesin, rotor rem belakang yang lebih besar, serta perubahan di beberapa bagian interior. Selain tipe diatas juga ada lagi tipe M-Spec, ‘M’ diambil dari nama chief enginer Nissan, yaitu Mizuno. M-Spec memiliki fitur-fitur yang dimiliki V-Spec, namun terdapat revisi di bagian kaki-kaki untuk menambah kestabilan mobil. Untuk versi balap Nissan juga memproduksi GT-R R34 N1 yang diproduksi hanya 45 unit di seluruh dunia. R34 N1 memang hanya dikhusukan untuk balap atau race only, karena tipe ini tidak dilengkapi ABS, AC, perangkat Audio, wiper, dan segala hal yang tidak diperlukan dalam balapan. Konsumennya sendiri paling banyak datang dari tim balap seperti Super Taikyu Racing dan Garage Saurus. Adapun tipe lain dari R34 adalah R34-4Doors (4 pintu) yang diproduksi hanya 30 unit di seluruh dunia.. salah satunya ada di Indonesia yang waktu itu sempat diliput majalah MOTOR.

Image Hosted by ImageShack.usDisain yang gagah dengan sentuhan Stop Lamp bulat ciri khas Skyline

Tampilannya sendiri bisa dibilang timeless dan ga bosan buat dilihat. Sejak peluncuran perdananya 12 tahun lalu, nyaris tidak tersirat kesan tua pada mobil ini, tetap gagah dan sporty..!. Headlamp black chrome dipadu dengan grill jaring berlogo GT-R semakin menambah aura kebengisan R34. Tak ketinggalan pula 4 buah stop lamp bulat yang menjadi ciri khas Skyline sejak pertama kali diluncurkan pada 1969. Tampilan interiornya sangat sederhana, terutama untuk dashboard yang lebih mirip tampilan dashboard mobil 1500cc ketimbang sportcar. Mungkin karena mobil ini lebih berfokus pada sisi performa, makanya tampilan interior dibuat seadanya.

Image Hosted by ImageShack.usInterior yang sederhana 🙂

R34 dipersenjatai oleh salah satu mesin legendaris Nissan ber-klan RB, yaitu RB26DETT. RB26DETT merupakan singkatan dari:
RB = Racing Build
26 = Melambangkan kapasitas mesin, yaitu 2600cc
D = DOHC
E = EFI/ Electronic Fuel injecion
TT = Twin Turbo

Image Hosted by ImageShack.usRB26DETT, the Powerfull Engine with Twin Turbo

Konfigurasinya sendiri 6 silinder-segaris yang dilayani oleh 24 katup bersistem buka-tutup DOHC yang mampu memuntahkan tenaga aktual hingga 330hp, namun undang-undang di Jepang menggharuskan semua mobil diberi limiter untuk membatasi tenaganya pada 276hp@6800RPM dan torsi 442nm@4400RPM. Akselerasi 0-100kpj diraih dalam waktu 4,9 detik. Aktualnya R34 sanggup melesat hingga 250kpj, namun akibat limiter kecepatan puncaknya dibatasi hanya 180kpj. Itu baru standarnya, mesin mobil ini bisa dioprek hingga menghasilkan 700hp atau lebih dari dua kali lipat tenaga standarnya, bahkan HKS pernah melakukan modifikasi terhadap Skyline R33(bermesin RB26DETT juga) hingga menghasilkan 1000hp…. dahsyaat!!😮

Image Hosted by ImageShack.us
Penzoil Nismo GT-R, hasil racikan tuner Nissan Motor Sport (NISMO) untuk kejuaraan JGTC (Japanese Grand Touring Car Championship), bertenaga 702Hp
Image Hosted by ImageShack.usHKS R33 Superdrag 1000hp😈

Handlingnya sendiri sangat stabil dikarenakan sistem penggerak roda yang sudah menganut AWD/4WD(All Wheel Drive) yang membuat mobil ini sangat stabil ketika menikung secara cepat.
Bahkan mobil ini sangat stabil saat diajak sliding ala mobil rally. Ini memang salah satu ciri khas sedan 4WD sperti Skyline GT-R, Impreza, EVO, dll. Mobil bisa dikendalikan sesuka driver tanpa takut mengalami oversteer, bahkan understeer.

Image Hosted by ImageShack.usAWD/4WD asik diajak drifting walaupun tidak seliar FR(2WD tarikan belakang)😮

Konsumsi bahan bakarnya sendiri sekitar 1:6km. Waw boros yah.. pernah naik Skyline teman yang digeber dari 0-100kpj, yang saya perhatikan bukan cuma speedometer, tapi juga jarum fuel meter yang bergerak turun dengan sangat cepat, yang punya mobil aja bisa stres ngliat gerakan jarum fuel meter:mrgreen:. Tapi semuanya sebanding dengan hentakan performanya yang ganas, akselerasi motor 2tak 150cc bisa kalah deh ama ni mobil.

Image Hosted by ImageShack.us

Tertarik untuk memiliki? Harga pasarannya sendiri saya kurang tau kalo di Jakarta ato Medan. Tapi klo di Batam untuk Skyline tipe GT-T R34(speknya dibawah GT-R) harganya sekitar 22000SGD, Mungkin varian GT-R sekitar 26000-28000SGD ato klo dirupiahkan sekitar Rp180-190jt. Mahal? Relatif sih… bagi ane ya mahal.. gubrak😆

About Emillio Armada Siregar

Seorang manusia yang sedang berusaha keras memulai kehidupan yang benar-benar baru...

Posted on April 22, 2011, in 4 Wheels. Bookmark the permalink. 14 Comments.

  1. pertamax,, hehe😀
    akselerasinya masih kalah ama Ducati kayaknya,, hihi..:mrgreen:

  2. Setahu saya itu gambar interiornya kayaknya bukan milik R34, tapi interior Skyline R33, yang dikonversi sama Nissan Santa Ana jadi LHD

    Interior R34 tuh mestinya ada layar indikatornya, sama setirnya palang 3 seperti ini

    Thanks ya boss, blog-nya keren🙂

  3. Wah kerrend bgt,,
    Jd tambah ngrti so’al skyline,,
    Dari game aja udah tak tertandingi apalagi aslinya,,, wah,,
    Jd pengen punya,, tp mimpi kale,,,

  4. gan, klo yang GTR sekitar brp kenanya,,?

  5. Pengen Gue itu mobil impian gue no…..

  6. wah keren nih tau harganya atau ada yang jual ga nih gan?ane nyari mobil mazda rx 7 kalo ga skyline r 32 sampe 34,soalnya amau ane modif type drift gan,makasih tolong di reply ya..
    arighato

  7. patrick gokilz

    itu harganya beneran segitu gan??
    lyt dari situs lain jauh di atas 2M soalnya…

    mkasih infonya …

  8. Beneran ni 180jt ???
    Carikan q donk………
    Bb. 29947A2D

  9. Thanks bgt infonya gan, mumpung ane tinggalnya di Batam, kayanya gapernah liat gtr gan, yg sering nongol sih skyline yg tipe GT-T, kalau kisaran harga GT-R 200jtan nyari di batam di daerah mana gan? Dan itu mobilnya kena ftz gak? Thanks lagi buat infonya salam sukses!!

  10. memangnya masih ada yang jual di batam?

  11. Masa hrganya 180 – 190 Juta ??
    Bekas ajh Udh 1 Milyar Lebih Gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: