Balap Liar Tidur: It’s Medan Style :D

Bicara balap liar, tentunya sangat berlawanan dengan aturan.. apalagi keselamatan. Karena balap liar menggunakan jalanan umum sebagai arena untuk mengadu kuda besi yang sudah dikorek habis-habisan, karena itu selain berbahaya untuk pembalap, juga berbahaya untuk orang yang berada di sekitar arena, namun bukan hal itu yang akan saya bahas kali ini.
Image Hosted by ImageShack.us

Pembalap liar sendiri kondang disebut sebagai Joki. Joki balap liar sangat berbeda dengan pembalap profesional dimana joki lebih mengandalkan nyali ketimbang skill dalam balapan. Kenapa Cuma nyali? Karena sirkuit balap liar sendiri biasanya hanya sekedar jalan lurus panjang yang tidak ada belokannya. So, Joki hanya dituntut piawai dalam ngegas dan shifting, sisanya ya nyali doang.

Nyali berhubungan erat dengan gaya joki menunggangi sang kuda besi. Para joki Medan memiliki gaya yang cukup unik dalam mengendarai tunggangannya, yaitu dengan gaya tidur diatas jok motor. Konon gaya balap seperti ini memang berasal dari Medan, makanya bisa dibilang ini Medan style.. ini medan bung!! … Gaya tidur sudah merupakan suatu riding position wajib bagi setiap joki kota Medan. Joki mengendalikan motor dengan tangan kanan memegang stang, dan tangan kiri sibuk mengoper gigi. Gaya ini diyakini mampu mengurangi hambatan angin sehingga motor mampu mencapai top speed yang lebih tinggi. Jika kita perhatikan, saat motor dalam kecepatan tinggi tubuh sang joki tidak lagi menempel pada jok motor, melainkan tubuhnya melayang seperti superman, sambil kedua tangan memegang stang. Gimana kalo kecelakaan? Yah jangan ditanya.. selama ini biasanya berakhir dengan kematian ataupun kecacatan… tragis!

Image Hosted by ImageShack.usGaya ini sudah tidak jaman kalo di Medan

Image Hosted by ImageShack.usMasih pake helm nih😆

Image Hosted by ImageShack.usMedan Style:mrgreen:
Image Hosted by ImageShack.us
Ampe berbayang gitu gambarnya
Image Hosted by ImageShack.us

Gaya balapan seperti ini sudah mulai ditiru oleh joki-joki di daerah lain, namun belum menjadi hal yang wajib di setiap event balap liar. Kalau di Medan gaya ini sudah merupakan kewajiban dan gengsi tersendiri bagi para joki “kalo gak tidur, mending maen tamiya aja la lae…cemananya!! ”

Nb: balap liar merupakan balapan ilegal yang sama sekali tidak pantas untuk ditiru karena membahayakan keselamatan diri sendiri maupun keselamatan orang lain.

Image Hosted by ImageShack.usdari Tempo Interaktif, akibat balap liar

About Emillio Armada Siregar

Seorang manusia yang sedang berusaha keras memulai kehidupan yang benar-benar baru...

Posted on April 19, 2011, in Motor. Bookmark the permalink. 15 Comments.

  1. serem……

  2. biasa aja, di ring rute gagak hitam udah gak ngaruh lg tuh gaya kek gini, tetep performa motor & berat joki yg dominan raih top speed.

    • makanya saya tulis dengan embel2 “‘diyakini’ menambah sisi aerodinamis motor”. saya sendiri juga sempat berdebat dengan salah seorang joki. tp ya percuma debat ama alay tukang BALI, ga akan ada abisnya..:mrgreen:

  3. wiiih…dah kyk daging kurban aja tuh, ampe isi-isi daleman ny keluar…astaga…

  4. medan terkenal dengan aksi joki yg super mantap mulai dr ngebut smbil tidur diats jok motor,cm dsni joki yg pny nyali , ((ALENKmedan))

  5. putra tonggek gaspol

    lau gw waktu umur gw 16 THN. gw blapan liar supercepat sambil tidur bermain abu beram bro ibu gw liat .di blgnya kenceng x motornya sambil menangis sangking ngerinya bro,.

  6. bagi pra joki medan, trus lach klian brjuang d ats blapan, saya bngga dngan kta mdan krna bnyak joki medan yg msih mnggunakn gaya tdur d ats blapan liar, blapn liar bukn smbrang blapan bnyak kcelakaan dn bnyakya razia sprti maen dringroad dn krakatau
    by bayu^BMR Medan pasar 5

  7. Udah gk usah bnyak x cakap. Kira kira kurang sor maen kemedan ja. Ok
    Masalah mati itu urusan joki dan yg bilang lebay blom tentu bernyali. Hahaha wajar ja lh gk bsa meniru nya

  8. Ya emng kami orang medan punya nyali kok. Contoh nya aja daerah laen aja gk brani tiru gaya balap seperti kami. Hahaha gaya balap tidur ok dari pada tunduk.. apaaan itu ngeliat uang jatuhh ahhahahaa klw gk senang trun kan aja kuda besi kalian
    Urusan mati itu urusan kita loh yg bacot blom tetu bernyali.. jgan bngun kan singa yg lagi tidur… itu lah medan… tau loh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: