Pemasangan Turbo Yamaha Vixion

Berawal ketika saya melihat cover majalah R2 edisi 35 yang memajang gambar Yamaha Vixion yang memakai Pro-arm dengan tulisan kecil di dekatnya “YAMAHA V-IXION TURBO”. Wah.. jadi tertarik nih.. udah sering lihat Vixion pake turbo, tapi belum pernah lihat pembahasannya… akhirnya majalahnya saya beli deh…

Setelah membaca dan mencoba mengerti (walopun ga ngerti2 amet sih:mrgreen: ), saya coba mencari informasi lebih lanjut tentang turbo Yamaha Vixion di Internet. Namun pembahasan tentang turbo di Yamaha Vixion masih sedikit sekali, padahal saya sudah beberapa kali ketemu gambar Yamaha Vixion yang memakai turbo, namun pembahasannya tetap minim.

Karena sepertinya masih banyak yang belum tau soal Yamaha Vixion Turbo, maka kali ini  saya share sedikit tentang pemasangan turbo di Vixion sesuai apa yang telah saya baca😀 .

Image Hosted by ImageShack.us

1. Pemasangan
a. Piping dan Turbin a.k.a turbo a.k.a rumah keong
1. pemilihan pipa, stainless, besi, dll
2. posisikan turbin(rumah keong) tidak terlalu jauh dari exhaust port(lubang exhaust), agar mudah membuat header(pipa dr exhaust port ke turbin). Header ini bakal mengkonversi gas buang menjadi tenaga putar. posisi turbin juga harus lebih tinggi minimal 5cm dari level oli dalam karter, dan pipa oli balik ke karter dari turbin. tidak boleh berada dibawah level pelumas mesin.
3. membuat pipa pembuangan yang menghubungkan turbin dengan knalpot/muffler
[b]tambahan[/b]
4. yg ini di majalah sepertinya terlewatkan. gtau pipa yg satu lg ini kmana… sepertinya ke throttle body atau intake.

Image Hosted by ImageShack.us
Terlihat sebuah pipa yang menuju ke intake

b. pelumasan
1. turbo memanfaatkan gas buang sebagai penggerak turbin kompresor, sehingga suhunya sangat panas. untuk mendinginkan, turbo membutuhkan pelumas dari mesin. Oli berfungsi ganda sebagai pelumas pada baling2 turbin. agar pelumas dari mesin menuju ke turbin dan kembali ke mesin lancar, dibutuhkan posisi rumah keong yg tepat. ([b]poin no.2 piping dan turbin)[/b]
2. membuat jalur pelumassan turbo. Jalur untuk melumasi turbo dipilih pada bagian mesin yang memiliki tekanan. pada vixion berada di bagian atas head cylinder(dekat busi). dari situ dibuatkan nipple dan selang anyaman besi menuju turbin. kemudian, saluran dari turbo yang berdiameter besar diberikan selang bernipel tadi. dengan demikian terjadi bypass pelumas dari mesin ke turbo, dan akan dikembalikan ke mesin. disambungkan lg ke karter oli pada bagian mesin(pake selang berpentil lg tentunya :mrgreen: )
3. tambahkan oil cooler jika perlu.

Image Hosted by ImageShack.us
Penambahan Oil Cooler untuk memaksimalkan pendinginan

Image Hosted by ImageShack.us
Lingkaran Merah: Bagian mesin yang memiliki tekanan, dipilih dari atas Head Cylinder untuk jalur pelumasan

2. Setting
Turbo dilengkapi dengan waste gate sebagai pembuang gas buang. sisa pembakaran tersebut dilewatkan melalui saluran bypass di dalam turbin agar kecepatan gas menurun. Jika kecepatan gas buang terlalu tinggi, akan menghasilkan boost yang besar. dalam kondisi demikian dapat mengakibatkan mesin jebol.

Image Hosted by ImageShack.us

Buka penuh waste gate untuk mengetahui default boost turbo. Umumnya default boost tubo jika terbuka penuh berada di kisaran 0.25-0,5 bar.Waste gate tidak bisa menurunkan tekanan turbo, hanya bisa menaikkan saja. jika waste gate memiliki stelan, bisa disetel sampai terbuka penuh. namun jika tidak memiliki stelan, stick waste gate yang menghubungkan antara valve bypass dengan vakum, dicopot sementara. untuk mengetahui teekanan turbo, harus menggunakan boostmeter. boost yang aman untuk mesin berkompresi 9-10an :1 berada pada 0,2-0,3 bar. kalau ingin lebih dari 0,5 bar, mau tidak mau harus menurunkan kompresi dan memundurkan timing pengapian. selain itu, harus memakai besin beroktan tinggi untuk menghindari detonasi. tambahan, Turbo aktif pada RPM tertentu, sesuai settingan dan trubo yang digunakan.

Turbo di mesin injeksi
Mesin injeksi vixion manajmen bahan bakarnya sudah diatur oleh ECU. Perubahan tekanan akibat boost di throttle
body menjadi patokan sensor untuk menyemprotkan bensin. Namun perlu diingat walaupun bensin sudah diatur ECU, bukan lantas sembarangan mematok boost. boost yang terlalu tinggi menyebabkan rasio kompresi mesin meningkat. selain itu akan mengakibatkan campuran bensin miskin. mesin panas, detonasi, dan bisa jebol. Dibutuhkan banyak tambahan jika ingin menggunakan boost yang tinggi. seperti dual injektor, piggyback, blow of valve(csss csss:mrgreen: ), dan penambahan fuel pressure regulator.
dan juga, patokan boost umumnya dibawah tekanan fuel pump. misalnya fuel pump memiliki tekanan 2 bar, maka boost tidak lebih dari 1 bar. Jika ingin memperbesar boost, maka dibutuhkan pompa bensin yang memiliki tekanan lebih besar dari sebelumnya.
di mesin karburator pemasangan turbo lebih ribet lagi. karena tidak memiliki fuel pump yg menekan bensin. maka pada mesin karburator dibuatkan lg fuel pump. dan penambahan pipa balik seperti mobil. kalau karbu tidak dipasangi fuel pump, ketika terjadi boost, bensin akan masuk lagi ke tangki bensin. 😯
sayang di majalah tidak keterangan hasil dyno.nya setelah memasang turbo kit ini.

maaf bro2 kalo ringkasannya kurang jelas.. maklum…nubie😀
klo mau referensi tambahan, nih dari forum sebelah yg masang turbo d ninja 250r
http://cyber-ninja250r.darkbb.com/t8349-privatengineer-n250r-injection-efi-turbocharger-582-hp-on-wheel
http://cyber-ninja250r.darkbb.com/t2241-project-ninja-250-52dk-on-wheel

sumber gambar:– kaskus.us —> yang punya proyek turbo motor diatas/di majalah

– Google

About Emillio Armada Siregar

Seorang manusia yang sedang berusaha keras memulai kehidupan yang benar-benar baru...

Posted on April 5, 2011, in Motor and tagged , , , . Bookmark the permalink. 39 Comments.

  1. nice inpoh mzbro !
    klo mw modif sok depan vixy pake sok depan byson bs g y mzbro?pengen sok lebar soalnya hehehe

    • namanya juga modifikasi..bisa aja bro.. tp ya perlu beberapa penysuaian… ass roda, dudukan lampu, dgr2 electric starter juga, komstir..
      tp klo psangnya lengkap.. velg+headlamp+spidometer. Shock byson..penyesuaian palingan di ass komstir doang… \ane ssih mendingan pasang Upside Down limbah😀

  2. weleh..serem mainnya

  3. top speed ma aksel gimana? dah di tes belom?:mrgreen:

    • klo peforma belum ada ulasannya br.. apalagi dynonya… makanya ane juga penasaran nih:mrgreen:

      klo pasang turbo di mesin karbu malah ribet bro(kyk yg dijelasin diatas), makanya ank2 ninja ampe bela2in bikin ECU segala supaya lebih mudah masang turbonya…

      tp klo untuk keperluan kebut2an tanpa turbo sih fine2 aja tuh pake karbu…. namanya juga speed freak.. segala daya upaya ya digunain supaya tuh motor maksimal larinya.. ga peduli orang mau bilang apa:mrgreen: … musuh utama vixion itu-kan LIMITER :lol:… jd klo pake karbu memungkinkan kita make CDI unlimiter.. tembus deh tuh 12rb RPM.. PE28+koil YZ ori udah mantap tuh buat bikin ngacir 160 kpj.. bisa lah main2 ama CBR ato FU.. aplg klo ditambah bore up 165cc aja:mrgreen:

      ga pengen coba piggyback.nya om Vhanz bro? yg bs disetting dr laptop itu… tp setau ane masih ada limiternya.. hmm
      ane sih masih lebih prefer pake injeksi, soalnya motor masi dipake full harian, dan kyknya disini masih jarang bengkel yg mau megang vixion…apalg gda tmn yang mau diajakin trackday, mls kebut2an sendiri :mrgreen:

  4. uuuuiiiiiiihhhhh mantaaaaap…….

  5. Manttap bro,tapi menurt ku cukup naikkan kompressi..pasang superchager…pkai 6 speed…

    • supercharger apaan nih?? masang supercharger itu lebih rumit dari masang turbocharger loh… dan biayanya lebih mahal..
      mungkin yang bro maksud lain kali yah…:mrgreen:

  6. Mantap bgt !!!!! Vixioners kah?

  7. racun,,,,,,,
    kal menurut ane,,,ini bisa dongkrak akselerasi ,,,,tp mungkin masih kena limiter,,,karena berhubungan ama pengapian,,,tetap mantap diaplikasi ke vixion ne bro,,,

    yg ane tanyakan ne turbo beli dimana yak,,,

    tertarik nyoba neh,,,

    • sampe sekarang di indonsesia belum ada yg bisa jebol limiter vixion gan… berat katanya..
      sebenarnya klo limiternya dinaikin ampe 11500 oke banget tuh… kan dia ga aman di 12500RPM.

      beli turbonya di link yang ane kasi tuh gan.. cari aja dibawah2…😆

  8. mesinnya jebol gak ya .,,.,.,.,.,.

  9. Menurut saya, gak worth it vixion dipasang turbo kalo tujuannya hanya untuk pakai harian. alasannya:
    1. ongkos pasang turbo mahal dan tidak berhenti disana saja, banyak modifikasi yang harus dilakukan, termasuk rombak kaki kaki rem dll. percuma mesin tenaga besar tapi handling ancur ancuraan.
    2. mesin sudah dirombak sana sudah tidak orisinal, harga jual ancur
    3. tenaga maksimal naik 50%, kalo lebih dari itu kompressi harus diturunkan. misalnya stock power 14 hp maka kenaikannya bertambah 7 hp, total 21 hp, maksimal 14 X 2 = 28 hp dengan syarat kompressi diturunkan, piston pakai low kompressi. dengan biaya yang sama bisa beli ninja 250 cc

    nah dengan pertimbangan di atas, apakah masih mau pasang turbo di vixion?

    • 1. dalam modifikasi tingkat hard core memang gda yang worth it bro… ALIEN only😆

      2. lagi-lagi kalo udah main modifikasi di tingkat ini jangan mikirkan harga jual, hilangkan jauh2 pikiran tentang “harga jual”…

      3. harga juga ga sampe bikin satu ninja 250 kok om.. datangin aja linknya :p .. lagian klopun semahal itu, kembali pada pernyataan saya no. 1

      saya sendiri kurang tertarik dengan modifikasi ini, karena mengganggu handling pas belok… dalam artian ini lebih ke arah drag bike. mendingan bikin vixion karbu😆

  10. Ulasan yang menarik walau sedikit hit & miss

    Mungkin secara mendasar dari yg melakukan sendiri juga masih kurang ya pemahamannya.

    Mosok masang oil cooler di posisi begitu. Hadoohh,.. Hehehe..

    Buat yang mengerjakan, semangatnya bisa dikasi tepuk tangan. Tapi seperti umumnya, baiknya tetap belajar karena masih belum sempurna ini nampak aplikasinya🙂

  11. Aiiiiihhh … bkin pnasss … heheheh
    gila bner … jd ngbayangin vixi ku pke turbo … hadeeehhh nagcirnya kya gmana y …
    hmmm thanks info ny bro …
    izin share d fb ku y broo …

  12. Mas bro saya mau naxa tntang pnggatian gigi rasio pada vixion ad efeknya g dn brpa kira2 biayanya.. Tnks

  13. mas bro ada tuh piggyback yg bisa buka limiter ECU nya vixion, sudah pernah dengar piggyback speedsparks blom??? buah tangan anak bangsa tuh….. nih bro coba di buka http://speedsparks.blogspot.com/ semoga vixioners semakin cerah masa depannya🙂

    • emang keren tu bro, tapi sampe skrg belum ada tulisan atopun review dari produk itu… mesti ada yg jd kelinci percobaan nih:mrgreen:

  14. Asalammualaikum, saya dr malaysia mau tanya kalau mau pasang karbu di vixion apa aja yg perlu di ganti.mohon jasa2 dari om2 yg pakar.

  15. weh busset pakek turbo…tp liat motornye di modif ane ngeri.,,maklum punya aneh standart hehehe….emang freak ente gan

  16. bro,radiator itam buat oil cooler tu pake brand apa ya?

  17. oil cooler pake oil cooler tipe apa mas bro

  18. ngapain susah susah dan harus bayar mahal tuk aplikasi turbo konvensional, pakai saja elektrik turbo charger disamping murah (jual di ebay), mudah pemasangan dan yang hebat lagi sangat efektif menambah tenaga motor

  19. Looking forward to reading more. Great blog post.Much thanks again. Great.
    tandarts capelle

  20. weh sangar ik…

  21. Klw msih dpt ± 21HP gk mnding ninja series ae??27-30HP klw gk slah.nais inpo

  22. Mas bro tolong share bengkel2 nya juga donk mas bro yang masang turbo ke vixion…
    Keren deh…
    Thank’s info nya mas bro…

  23. nice info bro, meski masih kagak paham :v

  24. bang itu turbo merk ap ya ? ukuran berapa ?

  25. buset, keren bener tuch turbo

  26. harga berapa bosss

  27. pipa yg mengarah ke intake itu memang buat memasok udara ke mesin,,udara di pipa tersebut adalah udara yg sudah d compressi oleh turbo,,jadi dari intake manifold tidak ke filter,,tp ke pipa tersebut

  28. kira kira abis berpa tu gan modif nya ,,,

  29. Lagi nyari aksesoris motor keren, klik disini.
    info lengkap klik –> http://sound-booster-motor.blogspot.co.id/

  1. Pingback: Yamaha India Sedang Menyiapkan Turbo Untuk Mesin YZF R 15.. | Bakul Kangkung Jpr

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: