Ketersediaan Part Vixion… Kecewa dengan Aftersales Yamaha

Bermula dari kecelakaan yang menimpa saya pada tanggal 19 februari 2011 lalu yang menyebabkan motor Yamaha Vixion 2009 yang saya kendarai rusak dibagian Headlamp, tangki, dan Fork, dll. Saya sendiri mengalami patah di bagian pergelangan tangan kanan.

vixion yang lagi compang-camping


Setelah saya sembuh dan bisa mengendarai motor lagi, pada tanggal 14 Maret, saya melakukan perbaikan terhadap shock depan di bengkel pres… dan alhasil baut penjepit segi tiga bawah bengkok dan harus diganti yang baru… sang mekanik mengatakan itu bautnya meiliki material khusus yang kuat, jd bukan sembarang baut… awalnya saya mencari baut tersebut di toko suku cadang biasa, namun mereka hanya menjual baut biasa. Yang saya fikir waktu itu di bengkel resmi Yamaha pasti ada jual tuh baut… meluncurlah ke bengkel resmi Yamaha terdekat , yaitu Yamaha ALFA SCORPII Jln. Setia Budi… ternyata harus menerima kenyataan kalau mereka tidak menjual baut tersebut. padahal baut itu saya rasa penting karena fungsinya menjepit segitiga bawah agar shock tetap berdiiri pada tempatnya. Atas dasar inisiatif saya putuskan membeli baut baja yang saya yakini kuat.. untuk masalah ini saya anggap selesai masalahnya, walaupun masih memilkiki keinginan untuk memakai baut segitiga yang ori.


no.13 baut segitiga bawah dengan nama : BOLT I, kode : 2JK-F3346-00

Berlanjut lagi pada tanggal 18 Maret, saya berniat membeli Headlamp Vixion fullset. karena motor saya tahun 2009, maka saya bermaksud mengganti headlamp dengan kepunyaan vixion 2010, apalagi ternyata harganya tidak jaug berbeda dari headlamp Vixion yang bulat… itung2 facelift 😀 . Sesampainya di Yamaha ALFA SCORPII Jln. Setia Budi, ternyata mereka hanya menjual headlampnya saja, headlamp doang.. gda braket, gda body, gda kupingnya.. wah ngapain beli ya klo ga lengkap gitu… si kakak yang bagian sparepart dengan ramah menyarankan untuk pergi ke AlFA SCORPII Central Yamaha di jln. Adam Malik. Setelah menmpuh perjalanan yang cukup jauh, akhirnya saya sampai di Dealer sekaligus Bengkel Resmi Yamaha yang megah. To the point aja.. saya bilang mau beli fullset Headlight Yamaha Vixion 2010. Si abang yang melayani bilang, kalau hanya tersedia Headlight Assy, Body Headlight, Bracket Assy, stay headlight.. baut-baut buat ga ada, dan part pendukung lainnya seperti Damper, Grimmet, Collar2.. …waduhh!! gimana pasangnya klo itu semua gda? , klo baut2 ama ring sih masi bisa beli di toko besi ato bangunan, tapi kalo udah kayak Damper, Grimmet, dan Collar si ga akan ada jual..  itukan emang dikhususkan buat Headlight Vixion doang…  masa mau bikin di tukang bubut? hah.. ngelawak ah.. masa urusan headlight ori mesti ke tukang bubut.. cape deh.. abang yang bagian spare part bilang, kalo itu part jarang dicari, jadi ga dijual…  padahal di website resmi Yamaha itu semua dijual dan ada kode part bahkan harganya. Tidak ada penawaran untuk Inden part tersebut, Si abang tersebut menyarankan untuk membeli.nya di Toko Muda Jln. Mesjid.. wah saya sudah ke sana sebelumnya, dan malah Toko Muda menyarankan saya ke Central Yamaha ini. Bingung juga dipassing2 kayak bola gini.. hoammm .. bahkan sempat disuruh ke toko bangunan buat nyari tuh part pendukung.. gubrakkk

Dengan kecewa saya lanjutkan untuk mencari ke bengkel dan toko spare part resmi yamaha lainnya… tidak juga ketemu.. setelah hari menjelang sore, saya pun putus asa.. dan memutuskan untuk membeli headlamp Yamaha Vixion yang bulat (fullset kecuali baut2 dan damper tadi.. ckckck) di Toko Muda, karena walaupun dijual tidak lengkap(sama seperti headlamp facelift), headlamp bulat vixion tidak memiliki banyak komponen pendukung dan sebagian besar komponen tersebut masih ada di headlamp saya yang rusak..  hanya beberapa baut mesti beli di toko bangunan. bayangin klo saya, ga punya part pendukung tuh headlamp.. masa mau modifikasi pake headlamp motor lain?…  sempat ada keinginan membeli secara online, tp kemahalan di ongkir.. urung deh.. gagallah proses facelift saya..😦

Headlamp Vixion 2010 yang memiliki banyak komponen

berlanjut keesokan harinya ketika membeli Shroud sebelah kiri. Setelah lama mencari juga ga ketemu, nemunya yang 2nd, tp warna biru… ga deh..malas ngecat2 lagi… Saya pergi ke bengkel resmi Yamaha Dian Motor Jln. Tritura. ternyata disana juga tidak menjual Shroud tersebut.. yah untungnya mekaniknya baik memberikan solusi agar saya pergi ke SIM Motor Jln. Deli Tua.. akhirnya dapat juga.. tapi saya terpaksa membeli fullset kiri-kanan… wah kebuang sebiji nih.. yasudahla.. untung harganya ga terlalu mahal…

no. 17, Shroud

Saya tidak bermaksud untuk menjelekkan nama tertentu, saya juga respek terhadap pelayanan Yamaha yang melayani saya dengan ramah dan berusaha memberikan solusi. Intinya dengan tulisan ini saya hanya ingin memberikan masukan terhadap Yamaha agar memperbaiki pelayanan aftersales di daerah, terutama untuk ketersediaan Spare Part. Medan bisa dibilang salah satu basis terbesar penjualan motor Yamaha hingga Medan sempat menjadi kota pertama(selain jakarta) dalam 200 inden perdana Yamaha Byson, hingga Valentino Rossi-pun sempat di undang ke kota ini(setausaya pada saat peluncuran tagline motogp “semkain Di Depan” ). secara kasat mata, populasi “kereta” di kota medan juga dikuasai oleh Yamaha. karena puplasi yang banyak tersebut, sudah selayaknya Yamaha lebih serius dalam memperhatikan purna-jual produknya di kota ini.. apalagi ini Vixion, motorsport sejuta umat yang banyaknya udah kayak bebek, masa sparepartnya susah? .. jangan sampai orang pindah ke lain hati loh …

About Emillio Armada Siregar

Seorang manusia yang sedang berusaha keras memulai kehidupan yang benar-benar baru...

Posted on March 22, 2011, in Motor. Bookmark the permalink. 8 Comments.

  1. semoga yamaha bisa lebih baik lagi dalam penyediaan s.part vixion.

    salam kenal bro…!!! dari kalsel

  2. Alhamdulillah aku di Bekasi, spare part lengkap. Salam kenal bro…

  3. coba kontak bro vRacing.. lengkap n bisa dikirim,, ane sering belanja ma dia

    http://www.facebook.com/vracing.speedshop?ref=ts

  4. Wah sekali jatuh harus banyak komponen yang diganti ya…..

  5. Saya alami itu.baud emang penting

  1. Pingback: Janji ketersediaan komponen yang sering tidak sesuai dengan kenyataan | Mengupas berita soal rider dan motor

Leave a Reply

