Modifikasi Cakram Belakang, Cermati pemilihan Part

Image Hosted by ImageShack.us

Bagi sebagian pemilik motor, penggunaan rem tromol di roda belakang dirasa sangat ganjil dan ketinggalan jaman… Apalagi bagi pengguna Yamaha Vixion dan Byson.. wah rasanya itu motor ga ada aura sporty.nya… ditambah lagi kualitas rem tromol Vixion yang dirasa banyak orang kurang pakem. Karena itu timbul dibenak sebagian orang untuk memodifikasi rem tromol menjadi rem cakram.

Belajar dari pengalaman, ternyata banyak sekali orang yang kurang puas dengan hasil modifikasi cakram belakang tersebut… kebanyakan mengeluh bahwa rem tidak pakem, keras, sering masuk angin, seret, dll… semuanya karena penggunaan part yang kualitasnya nanggung dengan harga yang lebih murah dari part berkualitas original… awalnya pengen hemat, eh ujungnya malah bangkrut karena haru melakukan perbaikan di sana-sini. Ada juga produk PSM yang menawarkan paket cakram belakang yang PnP(walupun ttp diperlukan bor untuk menancapkan adaptor ke velg) untuk Yamaha Vixion dan Jupiter MX, namun dari banyak testi yang saya baca ternyata hasilnya masih kurang memuaskan. Walaupun begitu, keterampilan bengkel juga tidak lepas dari kemaksimalan modifikasi cakram belakang ini. Saya sendiri termasuk orang yang kurang puas dengan modifikasi cakram belakang di motor saya. Maka dari itu kali ini saya akan berbagi tips bagaimana memodifikasi cakram belakang yang tepat agar hasilnya bisa maksimal.

-Master Rem. Master rem termasuk komponen paling penting dalam sistem pengereman (bahkan bisa lebih penting dari kaliper), tugasnya adalah memompa minyak rem menuju kaliper. Master rem KW biasanya sangat rentan terhadap kebocoran, dan sangat gampang masuk angin. Ini diakibatkan bagian seal-sealnya yang getas, dan mudah rusak. Bila bocor, maka rem akan masuk angin dan tentu saja rem menjadi blong. Untuk mengatasi kebocoran tersebut, biasanya orang mengganti satu set jeroan master rem dengan jeroan master rem original seharga Rp24rb milik Suzuki Satria. Master rem yang paling sering dipakai adalah master rem model Nissin ½ KW milik Suzuki Satria karena sangat mudah ditemukan di pasaran. Karena fungsinya sangat vital, Master rem harus memakai yang berkualitas terbaik atau original. Harga master rem Suzuki Satria SGP berkisar antara Rp220rb-240rb. Saya sendiri sempat memakai Master Rem Nissin KW dan mengganti jeroannya, namun akhirnya kepincut dengan master rem Kitaco yang kualitasnya setara dengan ori Satria :lol:

Image Hosted by ImageShack.us
Kualitas dan harganya dinilai setimpal.

-Kaliper. Fungsinya menjepit/menggesek piringan cakram pada saat berputar sehingga mengurangi kecepatan perputaran roda. Kaliper bekerja setelah menerima tekanan minyak rem yang dipompakan oleh master rem. Kebanyakan kaliper kualitas KW sebenarnya sudah cukup baik kinerjanya asal didukung dengan master rem yang baik. Kaliper KW yang paling sering dipakai orang adalah Nissin 2 piston milik Satria 120R, atau ada juga Nissin 1 piston milik Satria FU150. Kualitas dan harganya keduanya hampir sama saja sekitar Rp120rb. Tapi tidak ada salahnya memakai Produk original seharga 400rbuan. Dijamin hasilnya lebih maksimal. Oiya, waspada juga terhadap kaliper kw seharga Ori. Kaliper Nissin ori terdapat kode produksi yang dicetak emboss di belakangnya. kalo mau aman ya beli di dealer atau bengkel resmi aja :mrgreen:

Image Hosted by ImageShack.us
Nissin 2 Piston.Paling banyak dipakai dipsaran.

-Piringan/Disc.Rasanya sangat bosan melihat modifikasi cakram belakang dengan disc Satria 120R.. ga dijalan, ga di majalah, hampir 90% modifikasi cakram belakang yang saya temui memakai disc model ini, apalagi di Medan atau Batam. Entah apa keistimewaan disc model ini… Malah terkesan jaduuuull :mrgreen: . Sebenarnya sudah banyak alternatif pemilihan disc berikut juga adaptornya. Namun menurut pengamatan saya, mayoritas bengkel-bengkel di Medan hanya menawarkan paketan dengan piringan cakram Satria 120. Kalo mau model lain? Harus beli online.. karena adaptornya ga ada yang jual… Ukuran disc juga perlu diperhatikan, ukuran 220mm seperti miliki Shogun SP dan Satria 120R paling sering direkomendasikan, tentunya dengan kualitas original karena Disc yang KW sangat mudah bengkok. Saya sendiri memakai Disc model Satria FU150(190mm) yang sangat jarang ditemui di Medan. Kepingin ganti Piringan Shogun SP yang harganya 140rb.

Image Hosted by ImageShack.us
Sudah sangat psaran.. dan terkesan jaduul :lol:

-Adaptor. Karena Velg Standar tidak memiliki dudukan disc, maka diperlukan adaptor sebagai tempat menempelnya disc yang akan kita gunakan. Adaptor ditanamkan ke velg dengan mengbor bagian tromol. Pemilihan adaptor disesuaikan dengan disc yang akan kita gunakan. Secara estetika, adaptor yang bagus adalah adaptor yang bentuknya jenong, agar disc tidak sembunyi dibalik Velg apabila dilihat dari belakang. Adaptor biasanya terdapat dalam paket modifikasi cakram belakang, namun ada juga yang menjual secara ketengan dengan harga Rp55-60rb.

-Braket Kaliper. Pemasangan braket kaliper, biasanya dengan melubangi Swing Arm untuk mencantolkan besi penahan braket. Bagi sebagian bengkel cara ini sangat dihindari, maka dari itu ada juga pemasangan braket yang menggunakan batang tromol sebagai penhannya. Saya sendiri memakai cara yang ke-dua, namun cara ini kurang menunjang tampilan karena membuat tampilan cakram sangat jelas kesan cakram ‘’buatan”nya.

Image Hosted by ImageShack.usPenggunaan batang penahan tromol merupakan cara paling aman, namun kurang dari segi estetika

Image Hosted by ImageShack.us
Gambar dari TMC Blog. yang begini baru sempurna :D

-Selang. Pada dasarnya komponen kw atau ori sekalipun hampir tidak memiliki perbedaan dalam menjalankan aktivitas pengereman, namun tidak ada salahnya menggunakan selang rem racing seperti HEL, Braided, Kitaco, AHRS, dll… selang rem racing diyakini lebih kuat, sehingga tidak mudah pecah pada saat melakukan pengereman yang ekstrim.

Image Hosted by ImageShack.us
Selang Rem Hi-End bermerk HEL. dijual pasaran dengan harga 350rb/pc

-Bengkel. Bengkel yang melakakukan modifikasi tidak kalah penting dalam hal modifikasi cakram belakang. Sudah sangat banyak saya temui hasil modifikasi cakram belakang yang tidak presisi sehingga biasanya ban belakang tidak berputar bebas atau seret. Yang ujung-unjungnya itu cakram belakang malah bikin pusing. Untungnya pemasangan cakram belakang saya sangat rapi dan presisi. Karena itu, pilihlah bengkel yang memang ahli dalam bidang ini. Agak mahal sedikit, namun meuaskan .

Mungkin dari ulasan saya diatas masih banyak yang kurang. Jadi kalo bro-bro punya pengetahuan yang lebih lagi, silakan di-sahre dimari ilmunya 

About these ads

About Emillio Armada Siregar

Seorang manusia yang sedang berusaha keras memulai kehidupan yang benar-benar baru...

Posted on April 14, 2011, in Motor. Bookmark the permalink. 36 Comments.

  1. bagus sich bro…… tapi piringan fu agak kecil , untuk motor batangan , apalagi ber velg lebar :D tp yo wis, sesuai selera sich

    nitip juga , salam kenal :)
    http://azizyhoree.wordpress.com/2011/04/14/upgrade-akselerasi-honda-cs-1-kanibal-spring-cluth-tiger200/#comment-8632

    • tapi menurut ane tuk motor laki apalagi sering dibuat adu kebut, punya satria mantap juga, kan adu kebut rem blakang itu cuma 30-20% aja fungsinya…… lain lagi ama yang ga terbiasa dengan pencet rem depan….
      lagi nyari cakram vario nih…. lagi nyari info harganya brapa…!!!

      • ane lebih terbiasa ngandalin rem depan.. buat adu kebut emang enak bro… ga usah takut yg namanya panic brake… ban belakang bakal aman dan mengurangi kecepatan cukup drastis, dijamin ga ngunci… kyk pake ABS gtu deh :mrgreen:

        tp buat late braking ato drift rada susah diandalin sih..

    • om aziz

      iya bro.. makanya saya blg yg sempurna itu pake piringan shogun SP.nya om taufik yg 220mm… klo FU buat yg suka ngandelin rem belakang emang kurang reccomended sih…

      salam kenal juga om aziz :)

  2. Loh FU cuman 190 mm ? Selama ini saya dengernya Velg, Kaliper dan Piringan FU dan Shogun(FL) series itu sama persis. Ternyata gedean yang SP toh. Ukuran 220mm di piringan belakang itu sepertinya ukuran standard untuk kelas 600cc. GSX-R 600 juga masih pake ukuran 220mm kok.

    Sekarang sih ada alternatif baru bro. Cakram belakang Pulsar 220. Kalipernya BYBRE(Produk Brembo untuk motor cc kecil) Single Piston. Piringan 220mm. Menurut yang udah test ride pakem banget.

    • kalo shogun SP yang lama emang sama persis ama FU.. tp klo yang terakhir ya jelas lebih gede yang SP…
      ukuran 220 itu ukuran rata2 disc belakang motor bro abik moge atopun mocil … satria 120R, Ninja Series, Kawasaki Athlete,125Z, Touch, R125 dll juga pake 220mm.. ada juga yang 210mm kyk Tiger…

      keliatannya emang menarik tuh si justin BYBRE :mrgreen: … tp mungkin bakal kesulitan memperolehnya.. secara beli spare part bajaj mesti pake STNK bajaj…
      btw kira2 mahal ga tuh ya tu brang? keturunan brembo gtu :lol:

  3. hm…ane malah lebih demen klo temen mo pasang ane saranin yg 190mm utk piringan cakram belakang…coz utk porsi pengereman lebih besar ke depan ketimbang belakang…dan klo dilihat dri belakang yg piringan 190mm mantab dab…padat berisi…hohohoho

    • ane sendiri juga pake yang 190mm+underbone… sejauh ini sangat diuntungkan dengan ABS murah ini :lol:
      tp sayangnya kebanyakan orang ga yakin dengan piringan yang 190mm, terutama bagi yang sensitif terhadap isu Safety Riding…

  4. ada uang ada barang
    ada harga ada rupa

  5. bos,,kira2 ada yg tau gha bengkel yg bgs buat psg cakram blkng buat mx???khusus daerah jkt aj,hehehe.. ane br mao pasang nich tp ragu dlm pemilihan bengkel yg bgs nya.. dan brg yg kualitas nya bgs yg merk ap ya???thx all

  6. Haryston Karolus

    Bro, bengkel rekomendasi di Medan buat modifikasi cakram belakang vixion??

    • dulu saya di bengkel dekat jalan mesjid.. depan bangunan tua belanda itu.. liat aja ada bengkel yang biasanya parkir moge-moge polisi, motor modifikasi, yg punya bengkel abang yg botak… hehe
      pengerjaannya rapi dan presisi… itung2annya pas.. part cakram dr kita, beli dulu dluar trus minta pasang ke dia… agak mahal sih ongkosnya, tp puaslah liat hasil kerjanya…
      tp yg ane kurang suka, si abang itu masih ngandalin batang tromol buat nahan braket kaliper..

  7. Bro, bengkel yg anda sebut itu namanya apa?posisi sy d medan jg nih. Pengen modip kelistrikan pulsar ke dia bisa g?? sekalian mo benerin rdb pzooku yg g pakem pake cakram set satria hehe…
    Balas yo….

  8. salam kenal, sy sdh pasang rem cakram belakang di jupiter mx lama merk psm tp hasilnya kurang pakem, karna tdk puas lalu sy ganti lg set cakram belakang dan pelek asli new jupiter mx dan sdh 3 hari sy pakai tp hasilnya belum maksimal karna masih perlu tenaga untuk pengereman. lalu sy coba motor new jupiter mx teman sy dan hasil pakem sekali. padahal sy sdh cari posisi yg paling benar untuk master remnya (tdk pake footstep) tp hasilnya masih saja belum pakem, klo ada yg bisa bantu dan klo ada foto posisi master rem yg tepat pake pedal rem yg standar bawaan mx lama, mohon di share. makasih sebelumnya bro

    • Sperti kebanyakan keluhan pemakai PSM ya bro… kurang pakem.. padahal org banyak yg yakin ama merk ini berkat kualitas disk depannya…

      setau saya kalo fullset itu udah pasti pakem, saya jg pake kaliper mx kok sekarang… mungkin posis masternya yg kurang bagus bro.. yg penting setau saya gerakan pedal harus bebas, dan master rem terpasang sejajar dengan pengungkitnya, pokoknya gerakan tuas master rem lancar… resepnya itu aja sih… saya sendiri pernah liat ada MX yg pake dudukan merk Kitaco, pokoknya itu dudukan doang dan lurus, bukan footstep racing… gtau deh jualnya dimana… soalnya di daerah sini masi jarang ada mx yg modif cakram blkg… ato bro bisa beli dudukan master rem punya new MX…
      brg kali ada yg bisa menambahkan?

  9. gan, ciri2 pasangan cakram blakang yg bagus kea gimana?

    • 1. Begitu dipasang, langsung kerasa cengkramannya, penyesuaiannya paling beberapa menit

      2. Ga gampang ngunci

      3. Master rem ga keras a.k.a empuk (asumsinya dipasang di footstep standar ya)

      4. Gda bunyi decit-decit pas di rem

      5. Dalam pemakaian kurang lebih setahun gda yg namanya master rem bocor, dan piringan baling

      6. Yang paling penting, itu master rem gampang dibuang anginnya… cuma 5 menit selesai. Klo master rem yang busuk sih, settingnya 2 jam ga selesai, malah bisa seharian.

  10. ane pasang cakrm belakang di jupe-z ane…
    kaliper n master rem langsung nyopot di ninja ane,,,,
    di jamin keasliane,,,
    piringanya ane pilih punya variasi shogun depan…
    hampir penuh ukuranya….
    gede bgt…
    untuk braket nya ane bingung karna disc brake nya gede bgt…
    akhir nya ane putusin bikin sendiri braket nya…..
    alhamdulilah dengan kesabaran banyak yg nglirik cakram ane…
    total 1,2 jt abis nya…

  11. sob kalau untuk yamaha bison kira2 perlu nyiapin dana berapa untuk mengatikan rem tromol ke cakram

  12. untuk ukran cakram depan vixion itu berapa gan? yg ori bawaan vixi

  13. gan bengkel yg bgus pasangnya d daerah medan dmana ya gan? ane bru dpt warisan seperangkat set Rdb dri temen (satria 2tak ). dan ongpasnya brapa? trims.

  14. pgen ganti tromol blakang byson dgn disk brake shogun komplit, brpaan anggaran ya..??

  15. tips pake cakram kw biar awet dan pakem, berdasarkan pengalaman sendiri.. beli paketan rdb satria KW.. seharga 210rb..
    - piringan kw jgn dipake… lsg cari aja dilapak barang bekas.. ane dapet piringan second ori seharga 40rb masih tebel.
    - ganti seal master dengan orisinil punya satria, ga usah tunggu jebol yg kw.. lsg ganti ori aja… ane beli dibengkel2 biasa dpt diharga 60rb, kalo beli disuzuki ga tau brp
    - dudukan master dibuat sendiri… buat mal dulu pake kertas, trus dibawa ke bengkel las buat bikin plat dudukan master dan bolongon pelek utk dudukan adaptor, dudukan pegangan kaliper dibuat tahanan tanpa bor dan las, gedein lobang as di dudukan kaliper.. ongkos 35rb, oiya.. dlm membuat cetakan kertas utk dudukan master.. pastikan tuas pendorong master berada pd sudut 90 derajat dengan master rem.
    - capek2nya pake nasi padang sm es kelapa muda… cape lsg ilang.. 15rb
    -semua instalasi 4 jam kelar… :D dikerjain sendiri… cape2 sendiri :D

    Total biaya: 210+40+60+35+15 = total 360rb
    puas dan hati senang dan awet

    thanks..
    semoga bermanfaat

  16. mas bro, ane mau tnya, piringan satria 2 tak bs d ganti yg laen gx,,,?
    soalnya cri piringan model itu yg variasi susah bgt.
    klo bs pakai pnya siapa&perlu ganti adaptor gx,,,?
    yg pnting jgn mrubah bracket kalioer ja bro.

  17. minta tolong dong kk batuannya, diameter piringan belakang ninja sama gak sama piringan belakang athlete, karna nyari piringan belakang athlete susah bgt

  18. Info yg sangat brhrga,,thnks bro

  19. Fanddi Rachman

    bsa kah tromol jupiter z dipasang cakram trus dipasangkan dimotor new jupiter MC CW….

  20. Agus Mawan (Sambas)

    Salam kenal, Rem cakaram saya kemasukan angin terus akibatnya pengereman tdk pakem, ternyata setelah dicek ditemukan gelembung2 angin di karet master rem nya karena posisi karet rem yang berlipat jadi apakah ini penyebabnya karena posisi karet yang tidak pas ?

    • benar, posisi karet tidak pas sehingga terbuka celah masuknya angin ke dalam master rem. Dalam kasus tertentu karet tersebut bisa juga robek kecil maupun besar. biaya ganti karet tersebut sekitar 20-25rb.

  1. Pingback: Itung-Itung Biaya Modif Vixion jadi R15 « LIONSTAR Factory

  2. Pingback: [lagi] Modifikasi Cakram Belakang Vixion « Emillio Armada Personal Blog

  3. Pingback: How to Modif Yamaha Vixion « Emillio Armada Personal Blog

  4. Pingback: Itung-Itung Biaya Modif Vixion jadi R15 « Emillio Armada Personal Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,210 other followers

%d bloggers like this: