Itung-Itung Biaya Modif Vixion jadi R15

Seperti yang kita ketahui bahwa Yamaha Vixion merupakan versi spec Down dari Yamaha YZF-R15 yang lahir di india. Kedua motor ini memang berasal dari basis yang sama, baik secara tampilan maupun mesin. Namanya juga spec down, tentu saja Vixion memiliki spec yang lebih rendah dari R15 baik itu dalam bidang Visual dan Performa. Diantara pemilik Vixion mungkin ada yang kepincut Yamaha R15, dan ingin menyamakan Spec Vixionnya denga R15. Berikut itung-itungan biaya modifikasi Vixion agar berubah jadi R15 yang akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu Performa dan Visual.

1. Performa

Performa sedikit diatas vixion

Sebenarnya tidak terlalu mahal untuk mengejar performa  R15 yang notabene memiliki power lebih besar ±2HP dibanding Vixion karena tidak perlu membeli semua part original R15 yang notabene mahal karena pajak. Yang paling utamakan Performanya…hehe . Yang harus dilakukan adalah :

- Camshaft. R15 memiliki durasi yang lebih tinggi dibanding Vixion. Bisa diakali dengan mengganti Cam standar vixion dengan Camshaft berdurasi lebih tinggi yang telah banyak di pasaran. Sperti CLD, Kawahara, Maxtreme, dll. Budget kira-kira Rp350-600rb.

- ECU. R15 memiliki mapping ECU yang lebih racy dibanding Vixion, hal ini bisa diakali dengan menginstall beberapa Piggyback yang sudah tersedia sperti Hyper Performance USA, Fi-max, Fuel Controller By VJ Racing, dan FMI. Untuk yang terakhir disebut sepertinya terlalu mahal, sekitar RP2,5 jt. Kita ambil yang paling worthed aja kayak Fuel Controller yang bisa disetting pake laptop (canggih nih :mrgreen: )Rp750rb.

- Kompresi. Kompresi R15 yang 11,2:1 (klo ga salah), lebih tinggi dibanding Vixion yang memiliki kompresi 10,4:1. Untuk itu sekalian aja lakukan Pprting dan Polish terhadap Head Cylinder. Bagi yang menganut paham konservatif seperti saya yang suatu saat motornya pengen distandarin lagi, bisa beli Head yang udah di Porting dan Polish. Di salah satu online shop ternama dijual Rp750rb.

- 6 speed. Tidak perlu mengganti utuh dengan gearbox R15 karena cukup membeli 5 part yang akan dicangkokkan ke Vixion, yaitu 3rd pinion Gear, 6th Pinion Gear,6th wheel gear, Main Axle, dan Shift Cam assy. Part gearbox lainnya sama dengan Vixion. Namun tetap saja biaya modifikasi Gearbox ini cukup mahal. Sekitar Rp2,5jt Hmm…

- Lain-lain (optional). Knalpot, Final gear, rantai, Air Filter, Busi iridium, ongkos pasang, dll. Rp1,5jt

Total Mesin: ±Rp6.000.000

Dengan modifikasi seperti di atas diperkirakan performa vixion sudah melebihi performa R15, dan berdasarkan testimonial yang ada, modifikasi tersebut masih aman dipakai harian.

2. Visual


Bagi sebagian besar orang, bagian ini merupakan yang sangat penting karena secara kasat mata akan merubah jati diri Vixion menjadi R15.

- Fairing Set(headlamp, dashboard, bracket). Harga Fairing Original R15 di pasaran berkisar Rp5jt, yeah.. baru fairing loh. Alternatif : bagi saya tidak ada.. karena belum pernah lihat Fairing Custom R15 yang bisa nyaingin Fairing Ori.

- Rear Body Cover Set. Modelnya beda loh.. Harganya Rp1,3jt.. bandingin ama ori vixion yang 200rbuan :grin:.

- Speedometer. Rp2,5jt..  Alternatif :glekk klo ane sih mendingan speedo diganti GPS Rp700rbuan+Speedo standar.. lebih
keren kan.. :mrgreen:

- Stang Jepit+Segitiga. Stang jepit+segitiga original R15 harganya Rp1,5jt. Alternatif: Stang NUI 33mm(450rb)+Segitiga CNC Aftermarket model X-Race Ninja 250 (400rb).

- Underbone, sama aja nih mahalnya Rp1,5jt juga. Alternatif : Dulu ada Underbone YVR yang mirip ama footstep R15, sayangnya udah ga produksi lagi. Nah, beli aja bajakannya(dengan berat hati menganjurkan beli yg bajakan ) Rp300rb.

- Rear Handle/ tiang gawang. Rp750rb. Alternatif: Belum ada.

- Tangki. Bedanya ama Vixion  tutupnya aja. Harga Rp1Jt.an. alternatif: gausah diganti :-D

- Rear Disc Brake. Penting nih… masa motor udah ganteng pake fairing rem belakangnya tromollll. cakram donkk…Yang ini belum pernah nanya orinya R15, tp disinyalir juga ampe jut2an..ga penting juga klo mesti make yag ori R15. Mending pake VR Custom yang disc Racing One. Sekitar Rp900rb. atau bisa lihat disini.

- Spakbor belakang. Yang ini mendingan ga usah dibeli deh, sama aja jeleknya ama standarnya Vixion… Kepanjangaaaaaan.  Mendingan tuh spakbor belakang dipotong bagian lidahnya. Palingan kena Rp20rb.

- Lain-lain. Perkiraan Ongkos pasang, dll Rp1jt.

Total Biaya dengan part Full Ori                     : Rp15-16jt

Total Biaya dengan part Alternatif               :  Rp9-10jt


Total Biaya Keseluruhan.

With Full Ori R15

Harga Vixion baru                                          : Rp21.000.000

Total biaya modif Performa                        : Rp  6.000.000

Total biaya modif Visual(full ori)             : Rp16.000.000

Total keseluruhan                                          : Rp43.000.000

With Alternative Part

Harga Vixion baru                                          : Rp21.000.000

Total biaya modif Performa                       : Rp  6.000.000

Total biaya modif Visual                             : Rp10.000.000

Total keseluruhan                                          : Rp38.000.000

Beginilah kira-kira perwujudan si 43jt itu :D

 

Gimana? Mahal yah.. harga part diatas berdasarkan survei harga jual termahal  yang pernah saya temukan dipasaran dengan cara nanya-nanya mulu, tapi gak beli.. gataumalu mode :mrgreen: . FYI harga OTR yamaha YZF R15 di Probike Rp38jt. Itu artinya Memodifikasi dengan menggunakan seluruh part yang original R15 sangat tidak dianjurkan karena lebih mahal dari harga Vixion baru+modifikasi. Sedangkan menggunakan part alternative membuat harga Vixion baru+modifikasi menjadi sama harganya dengan satu unit Yamaha R15 baru. Itu baru yang terlihat, Yamaha R15 “ori” tentunya memiliki Intangible Asset lebih tinggi dikarenakan perbedaan statusnya di BPKB ataupun STNK. Sedangkan vixion yang sudah full modif R15, tetap saja statusnya di STNK dan BPKB sebagai Yamaha Vixion yang bergharga Rp20jt.an. Belum lagi nilai depresiasi motor modifikasi jauh lebih tinggi dari motor standar yang sudah terlahir begitu dari sananya. Jangan heran misalnya harga bekas(pemakaian 1 tahun) Fake-R15  tersebut bisa hanya berkisar Rp22-25jt, sedangkan harga bekas R15 asli dengan tahun yang sama masih seharga Rp30-32jt. Mengakali depresiasinya, kembalikan motor ke standar dan jual part modifnya satu persatu, yah dengan sedikit pengorbanan tenaga.

Worthed? :-D

About these ads

About Emillio Armada Siregar

Seorang manusia yang sedang berusaha keras memulai kehidupan yang benar-benar baru...

Posted on March 31, 2011, in Motor and tagged , , , . Bookmark the permalink. 27 Comments.

  1. Beruang india

    1

  2. klo modif jadi R125 gmn om. hitung2an biayanya brp.

    ane rencananya beli vixion 2nd, cari yg paling murah, sukur2 10jt dpt.
    trs modif jadi R125.
    :-D

    • klo jd R125? wah kurang tau… yang beginian nanyanya ama juragan modifmania.com :mrgreen:
      tp klo perkiraan saya sih, ga jauh beda dengan biaya modif R15.. asumsinya modif R125 pake part custom yah…

  3. kalo soal performa, gimana kalo pake karbu aja, wekekekekek. mesti banyak yang ngeledekin sih, habis injeksi kog jadi karbu.

    tapi ganti pake karbu, dengan biaya sekitar 3 juta (udah pake pe28 ori, koil yz125 ori, n cdi unlimiter, plus porting polish) kenaikan performanya udah signifikan banget bro. . . pernah ngobrol ma yang punya, bisa tembus 160 km/jam n gas belom habis n 300m udah dapet 120 km/jam :D

    saya juga lagi umpul2 uang buat ganti ke karbu, cos dulu udah pernah bore up 180 cc masih injeksi gagal, padahal udah habis 1 juta lebih n yang naik cuma torsinya :(

  4. mantap brader……
    speedonya kueereeen

  5. bos itu yg jual ecu dmna yaa bos,, bos” pda tau ga,, en kisaran brapa budget na,, hhehehe

  6. yg bikin postingan ini pasti org akuntan…trims bro u/ pencerahan Harga Perolehan aset tetap nya…cukup ganti velg n gedein ban aja,,,ga usa aneh2…hehehhe

  7. Kalo misalnya mau mesan fairing r15 gmn caranya?

  8. Kalau sekarang sudah ada cbr150 seharga 33jt apa ada yang tetep mau beli R15 di IU atau modif sampai ngabisin 43jt ya?

  9. bro rear body set full ga? (plus jok n spkbr ga?)

  10. swing arm musti di ganti tuh, kaya besi batangan… harga swing arm kisaran 3 jtan, hahaha biar total jadi 46 jt, trus di sandingin sama ninja 250 bagusan mana… hahaha

  11. 43 juta,..mendingbeli CBR 150=36 juta,..masih sisa 7 juta + vixion lama dijual,…lumanyan tuuu.

  12. lo bisa kelurin duit segitu trs lo mampu ngk sedekah Rp. 1000,- ke fakir miskin?
    org yg ngejar kesenangan dunia bisa ngk dpt akhirtnya, tapi org yg ngejar akhirat udah pasti dpt kesenngan dunia.
    Lain kali klo mau posting yg bermanfaat sedikit yah…

  13. mantaf, jadi pengen modif Vixi -ku… , nunggu yg ngasih dana dulu aaah

  14. Mahal..mendingan beli ninja 250..cuma beda sedikit..ga perlu modif banyak dan power jg udah mantap

  15. murah juga ya pngen faiirng

  16. skalian ae beli ninin 250

  17. pengen sih,tp denger mahal nya segitu mendingan ga jadi klo mau mendingan rubah jd street fighter aja sm upping perform mesin biar jd galak vixi nya.

  18. Bgusan beli r15 sekaliann aja haha

  19. itu bukan soal untung apa rugi dalam modif motor, tapi bagaimana menayangin and jaga motor yang udah kita punya :-D itu namanya hobi bukan faktor materi :-D

  20. itu bukan soal untung apa rugi dalam modif motor, tapi bagaimana menyayangin and jaga motor yang udah kita punya :-D itu namanya hobi bukan faktor materi :-D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,210 other followers

%d bloggers like this: